Antang Danum Aji, Bonifacio (2024) Perancangan Aktivasi Brand Destinasi Wisata Pasar Blumbang Melalui Video Shorts. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
Text
Bonifacio Antang Danum Aji_2024_FULL TEKS.pdf Restricted to Repository staff only Download (10MB) | Request a copy |
|
Text
Bonifacio Antang_2024_BAB I.pdf Download (1MB) |
|
Text
Bonifacio Antang Danum Aji_2024_BAB PENUTUP.pdf Download (761kB) |
|
Text
Bonifacio Antang_2024_PERNYATAAN PERSETUJUAN-PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (224kB) | Request a copy |
|
Video
Bonifacio Antang_2024_LAMPIRAN.m4v Restricted to Repository staff only Download (44MB) | Request a copy |
Abstract
Kelurahan Wirokerten merupakan salah satu kelurahan yang berpotensi menjadi desa wisata di Kabupaten Bantul. Potensi yang terdapat di Kelurahan Wirokerten meliputi Kolam pemancingan Grojogan, Industri aneka gethuk, industri emping melinjo, Industri peci rajut, Industri handicraft dari limbah kayu, industri tepung dari berbagai umbi, Industri marning jagung, Perajin timbangan kodok, dan industri tahu. Dalam upaya untuk membangkitkan dan mengembangkan SDM berkualitas sebagai pelopor UMKM di Kabupaten Bantul, Wirokerten mengadakan sebuah acara bulanan bernama Pasar Blumbang. Perancangan ini bertujuan untuk merancang aktivasi brand yang merepresentasikan destinasi wisata Pasar Blumbang sebagai destinasi wisata di Bantul. Objek perancangan Pasar Blumbang diambil karena media promosi yang ada dianggap sebagai media yang “cepat kadaluarsa”, sehingga dibutuhkan media yang dapat merepresentasikan Pasar Blumbang untuk pengunjung dan calon pengunjung. Melalui metode analisis SWOT, Video shorts diharapkan dapat menjadi media aktivasi brand yang merepresentasikan Pasar Blumbang sebagai destinasi wisata dalam Desa Wisata Wirokerten.Perancangan ini menggunakan teori aktivasi brand, teori karakter animasi, teori video shorts, dan teori psikologi penggunaan TikTok. Perancangan ini diharapkan dapat menyumbang ilmu sebagai referensi dalam merancang sebuah media promosi aktivasi brand dan menambah wawasan desainer dan perancang dalam merancang media komunikasi visual. Hasil utama perancangan adalah video shorts yang bersifat representatif.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Department: | KODEPRODI90421#DESAIN KOMUNIKASI VISUAL | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Video Shorts, Aktivasi Brand, Media, Destinasi Wisata | |||||||||
Subjects: | Audio Visual Disain > Disain Komunikasi Visual |
|||||||||
Divisions: | Fakultas Seni Rupa > Jurusan Disain > Disain Komunikasi Visual | |||||||||
Depositing User: | Bonifacio Antang Danum Aji | |||||||||
Date Deposited: | 01 Aug 2024 03:48 | |||||||||
Last Modified: | 01 Aug 2024 03:48 | |||||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/17223 |
Actions (login required)
View Item |