Perancangan Aktivasi Brand Destinasi Wisata Pasar Blumbang Melalui Video Shorts

Antang Danum Aji, Bonifacio (2024) Perancangan Aktivasi Brand Destinasi Wisata Pasar Blumbang Melalui Video Shorts. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
Bonifacio Antang Danum Aji_2024_FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB) | Request a copy
[img] Text
Bonifacio Antang_2024_BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bonifacio Antang Danum Aji_2024_BAB PENUTUP.pdf

Download (761kB)
[img] Text
Bonifacio Antang_2024_PERNYATAAN PERSETUJUAN-PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (224kB) | Request a copy
[img] Video
Bonifacio Antang_2024_LAMPIRAN.m4v
Restricted to Repository staff only

Download (44MB) | Request a copy
Official URL: https://lib.isi.ac.id/

Abstract

Kelurahan Wirokerten merupakan salah satu kelurahan yang berpotensi menjadi desa wisata di Kabupaten Bantul. Potensi yang terdapat di Kelurahan Wirokerten meliputi Kolam pemancingan Grojogan, Industri aneka gethuk, industri emping melinjo, Industri peci rajut, Industri handicraft dari limbah kayu, industri tepung dari berbagai umbi, Industri marning jagung, Perajin timbangan kodok, dan industri tahu. Dalam upaya untuk membangkitkan dan mengembangkan SDM berkualitas sebagai pelopor UMKM di Kabupaten Bantul, Wirokerten mengadakan sebuah acara bulanan bernama Pasar Blumbang. Perancangan ini bertujuan untuk merancang aktivasi brand yang merepresentasikan destinasi wisata Pasar Blumbang sebagai destinasi wisata di Bantul. Objek perancangan Pasar Blumbang diambil karena media promosi yang ada dianggap sebagai media yang “cepat kadaluarsa”, sehingga dibutuhkan media yang dapat merepresentasikan Pasar Blumbang untuk pengunjung dan calon pengunjung. Melalui metode analisis SWOT, Video shorts diharapkan dapat menjadi media aktivasi brand yang merepresentasikan Pasar Blumbang sebagai destinasi wisata dalam Desa Wisata Wirokerten.Perancangan ini menggunakan teori aktivasi brand, teori karakter animasi, teori video shorts, dan teori psikologi penggunaan TikTok. Perancangan ini diharapkan dapat menyumbang ilmu sebagai referensi dalam merancang sebuah media promosi aktivasi brand dan menambah wawasan desainer dan perancang dalam merancang media komunikasi visual. Hasil utama perancangan adalah video shorts yang bersifat representatif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Antang Danum Aji, Bonifacionim1912609024
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorTinarbuko, Sumbonidn0001046616
ContributorPrimayudi, Kadeknidn0015068106
Department: KODEPRODI90421#DESAIN KOMUNIKASI VISUAL
Uncontrolled Keywords: Video Shorts, Aktivasi Brand, Media, Destinasi Wisata
Subjects: Audio Visual
Disain > Disain Komunikasi Visual
Divisions: Fakultas Seni Rupa > Jurusan Disain > Disain Komunikasi Visual
Depositing User: Bonifacio Antang Danum Aji
Date Deposited: 01 Aug 2024 03:48
Last Modified: 01 Aug 2024 03:48
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/17223

Actions (login required)

View Item View Item