Adiksi Video Games Gacha sebagai Ide Penciptaan Karya Seni Grafis

Saputra, Kalyana (2024) Adiksi Video Games Gacha sebagai Ide Penciptaan Karya Seni Grafis. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
Kalyana Aqila Saputra_2024_FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (77MB) | Request a copy
[img] Text
Kalyana Aqila Saputra_2024_BAB I.pdf

Download (8MB)
[img] Text
Kalyana Aqila Saputra_2024_BAB PENUTUP.pdf

Download (925kB)
[img] Text
Kalyana Aqila Saputra_2024_PERNYATAAN PERSETUJUAN-PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (61kB) | Request a copy
Official URL: https://lib.isi.ac.id

Abstract

Berawal dari kegemaran bermain video games, yang kemudian menjadi sebuah pintu masuk ke dunia games bergenre gacha. Sebuah rasa cemas muncul saat kegemaran tersebut kemudian berdampak negatif ke berbagai faktor kehidupan sehari-hari seperti sosial, kesehatan, hingga finansial. Pengalaman tersebut kemudian dijadikan sebuah rumusan dalam penciptaan karya dengan teknik seni grafis yang bertujuan untuk menginformasikan kepada masyarakat luas terhadap bahanya dari games bergenre gacha ini. Dengan praktek transaksi mikro berbasis peluang, games gacha dapat menyebabkan pemainnya haus akan dopamin yang menyebabkan adiksi. Karya yang diwujudkan merupakan kritik terhadap games gacha yang mengeksploitasi pemainnya demi keuntungan moneter. Agar pesan lebih mudah tersampaikan, perwujudan karya menggunakan metode apropriasi atau plesetan dari media yang sering dikonsumsi masyarakat terutama para penghuni internet. Ke-lima belas karya dicetak menggunakan teknik cetak saring yang dinilai adalah teknik yang paling mudah untuk menerjemahkan desain digital namun tetap mempertahankan sentuhan karya tradisional. Dalam proses pengerjaan tugas akhir ini juga menjadi suatu momen untuk mengevaluasi diri terhadap pilihan irasional yang telah dilakukan saat sedang dalam pengaruh game gacha, sehingga dapat dinilai menjadikan pengalaman negatif menjadi suatu yang produktif adalah sebuah capaian yang perlu diapresiasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Saputra, Kalyananim1912969021
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorWitjaksono, Bambangnidn0027037301
ContributorTunnikmah, Nadiyahnidn0012047906
Department: KODEPRODI002005#SENI MURNI
Uncontrolled Keywords: video games, transaksi, gacha, adiksi, cetak saring, seni grafis
Subjects: Seni Murni > Seni Grafis
Divisions: Fakultas Seni Rupa > Jurusan Seni Murni > Seni Grafis
Depositing User: Kalyana Aqila Saputra
Date Deposited: 01 Aug 2024 03:15
Last Modified: 01 Aug 2024 03:15
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/17236

Actions (login required)

View Item View Item