Strutur Kincia Minangkabau dalam penciptaan karya seni instalasi

Kiram, M Fuzul (2024) Strutur Kincia Minangkabau dalam penciptaan karya seni instalasi. Masters thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
M Fauzul Kiram_2024_Full Teks.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy
[img] Text
M Fauzul Kiram_2024_Bab 1 .pdf

Download (1MB)
[img] Text
M Fauzul Kiram_2024_Bab 5 .pdf

Download (461kB)
[img] Text
M Fauzul Kiram_2024_Pernyataan Persetujuan Publikasi.pdf

Download (154kB)
[img] Text
M Fuzul Kiram_2024_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

Penciptaan karya seni adalah sebuah wujud ekspresi diri penulis yang memang memiliki ketertarikan dan kekaguman dengan Kincia Aia baik secara visual maupun historikal. Estetika bentuk dan Sejarah cerita yang membuat penulis tertarik untuk membuat karya seni instalasi yang dapat menimbulkan gerak atau kinetik. Rangkaian proses penciptaan karya seni instalasi ini penulis memilih Kincia penumbuk padi sebagai konsep dasar penciptaan Tugas Akhir. Kincia aia atau kincir air menjadi teknologi multifungsi di Minangkabau sejak ratusan tahun silam. Saat ini keberadaan kincia di ambang kepunahan, hal tersebut menginspirasi penulis untuk menjadikannya konsep dasar penciptaan karya Tugas Akhir yang diterjemahkan ke dalam karya instalasi kinetik dengan media kayu, besi, akrilik dan lainnya. Bentuk kincia yang memiliki karakter tegas dan tegap distilasi menjadi bentuk yang dinamis. Keindahan visual nya dituangkan pada media kayu yang menggabungkan beberpa teknik dengan prinsip tensegrity yakni penggunaan elemen-elemen untuk menciptakan struktur yang kokoh dan stabil. Metode pendekatan yang digunakan dalam proses penciptaan karya Tugas Akhir ini adalah pendekatan estetika, sedangkan metode penciptaan yang digunakan yakni metode penciptaan oleh Grey yakni “practice based research”. Landasan teori yang digunakan dalam laporan Tugas Akhir ini adalah teori estetika, semiotika dan tensegrity. Teknik yang digunakan dalam proses penciptaan ini adalah teknik scroll, konstruksi, las, dan bubut.Penciptaan karya Tugas Akhir yang mengacu pada bentuk kincia ini menghasilkan empat karya. Karya pertama yang diberi judul “Interaksi” yang merupakan representasi dari falsafah hidup Minangkabau yakni “Dima Bumi Dipijak, Disinan Langik dijunjuang”. Karya kedua berjudul “Persepsi” yang menjadi representasi pepatah “Alam Takambang Jadikan Guru”. Karya ketiga berjudul “Kontribusi” yang merupakan penjabaran pepatah “Lamak Dek Awak, Katuju Dek Urang”. Karya keempat yang berjudul “Sinergi” yang mengadopsi pepatah Minangkabau “Kato Nan Ampek”. Pemilihan tema ini juga diharapkan dapat menambah inspirasi bagi pelaku seni dan memberikan gagasan baru bagi seniman di Indonesia,

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Kiram, M Fuzulnim 2221437411
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorWisetrotomo, Suwarnonidn 0029046204
Department: KODEPRODI91101#PENCIPTAANDANPENGKAJIANSENI
Uncontrolled Keywords: Kincia, Minangkabau, Intalasi, Kinetik
Subjects: Penciptaan dan pengkajian seni
Divisions: Pascasarjana > S2 Studi Penciptaan dan pengkajian seni
Depositing User: M Fauzul Kiram
Date Deposited: 01 Aug 2024 07:49
Last Modified: 01 Aug 2024 07:49
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/17239

Actions (login required)

View Item View Item