Konsep Arketipe Hero Pada Film Sri Asih (2022)

Asnawi, Amalia Latifah Putri (2024) Konsep Arketipe Hero Pada Film Sri Asih (2022). Masters thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
AMALIA LATIFAH PUTRI ASNAWI_2024_FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy
[img] Text
AMALIA LATIFAH PUTRI ASNAWI_2024_BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
AMALIA LATIFAH PUTRI ASNAWI_2024_BAB V.pdf

Download (278kB)
[img] Text
AMALIA LATIFAH PUTRI ASNAWI_2024_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text
AMALIA LATIFAH PUTRI ASNAWI_2024_PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf

Download (287kB)
Official URL: https://lib.isi.ac.id/

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi bagaimana mitologi dewa-dewi berpengaruh dalam karakter dan narasi film pahlawan super, khususnya pada film Indonesia "Sri Asih" (2022). Latar belakang penelitian menunjukkan penggunaan visual dan narasi mitologi dalam karakter seperti Thor dan Wonder Woman, terlihat sama dengan Sri Asih. Hanya terdapat modifikasi penggunaan mitologi lokal yang disesuaikan dengan daerah masing-masing. Sri Asih menggambarkan mitologi lokal Dewi Sri sebagai pahlawan super yang bertarung melawan Dewi Api. Tujuan penelitian ini adalah memahami bagaimana proses individual dalam pembentukan arketipe pahlawan menurut Carl Jung yang termanifestasi dalam karakter Sri Asih. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif naratif, dengan observasi sinema dan kajian teoritis. Analisis struktur naratif menggunakan lensa Vladimir Propp dan analisis psikologi dengan melihat unsur pembangun film yang didasarkan pada teori Jung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa film "Sri Asih" berhasil mengintegrasikan elemen mitologi Jawa dalam narasi pahlawan super, dengan proses pembentukan jiwa pahlawan yang mirip dengan teori Jung. Kesimpulan penelitian ini adalah penggunaan teori arketipe Jung dan kerangka Propp dalam analisis naratif membantu memahami perjalanan heroik dalam "Sri Asih", serta menunjukkan potensi film Indonesia dalam menggabungkan elemen budaya lokal dengan konsep universal. Penelitian ini mendorong eksplorasi lebih lanjut tentang integrasi budaya dalam film pahlawan super Indonesia.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Asnawi, Amalia Latifah Putrinim2221470412
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorYuliadi, Koesnidn0022076805
Department: KODEPRODI91101#PENCIPTAAN DAN PENGKAJIAN SENI
Uncontrolled Keywords: Arketipe Jungian, Sri Asih, Mitologi Lokal Indonesia, Struktur Naratif Propp, Film Pahlawan Super
Subjects: Televisi > Televisi
Penciptaan dan pengkajian seni
Divisions: Pascasarjana > S2 Studi Penciptaan dan pengkajian seni
Depositing User: Amalia Latifah Putri Asnawi
Date Deposited: 01 Aug 2024 02:58
Last Modified: 01 Aug 2024 03:03
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/17256

Actions (login required)

View Item View Item