Ratib Saman Dalam Upacara Tepung Tawar Pindah Rumah Suku Sambas Di Dusun Sebadi Kabupaten Sambas Provinsi Kalimantan Barat

Ramadan Harahap, Faizal (2024) Ratib Saman Dalam Upacara Tepung Tawar Pindah Rumah Suku Sambas Di Dusun Sebadi Kabupaten Sambas Provinsi Kalimantan Barat. Skripsi thesis, Institusi Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
Faizal Ramadan Harahap_2024_FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
Faizal Ramadan Harahap_2024_ BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Faizal Ramadan Harahap_2024_BAB PENUTUP.pdf

Download (557kB)
[img] Text
Lembar Persetujuan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (282kB) | Request a copy
Official URL: https://lib.isi.ac.id/

Abstract

Ratib Saman merupakan sebuah kesenian yang berada di Dusun Sebadi Kabupaten Sambas Provinsi Kalimantan Barat. Kesenian ini merupakan kesenian yang sudah turun temurun sejak sekitar 80-90 tahun yang lalu. Kesenian ini biasanya digunakan dalam Upacara Tepung Tawar Pindah Rumah, Berobat Kampung serta menjadi pengisi acara diberbagai acara lainnya. Tepung Tawar adalah salah satu bentuk upacara dengan tujuan untuk menolak bala atau bahaya. Tepung tawar juga selalu identik dengan masyarakat Sambas dimana di setiap kegiatan yang dilakukan oleh masyarakat Sambas biasanya selalu terdapat tepung tawar tergantung dalam acara seperti apa. Metode penelitan yang dilakukan metode kualitatif dengan pendekatan etnomusikologi. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian adalah : (1) Ratib Saman merupakan sebuah pertunjukan berbentuk ansambel ritmis yaitu vokal yang diiringi oleh instrumen perkusi. Struktur Ratib Saman dalam upacara tepung tawar pindah rumah antara lain yaitu pembukaan, lalu transisi, inti penutup. (2) Fungsi yang terdapat dalam Ratib Saman antara lain fungsi komunikasi, fungsi hiburan, fungsi kontribusi integrasi masyarakat serta fungsi respon fisik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Ramadan Harahap, Faizalnim2010786015
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
CreatorYulaeliah, Elanidn0024026605
CreatorSudarno, Sudarnonidn0008026605
Department: KODEPRODI002005#ETNOMUSIKOLOGI
Uncontrolled Keywords: Ratib Saman, bentuk penyajian, fungsi.
Subjects: Etnomusikologi
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Etnomusikologi
Depositing User: Faizal Ramadan Harahap
Date Deposited: 02 Aug 2024 07:06
Last Modified: 02 Aug 2024 07:06
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/17309

Actions (login required)

View Item View Item