Yulianti, Eni (2024) Eksistensi Penari Perempuan Dalam Perkembangan Kesenian Dolalak Purworejo,Jawa Tengah. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
Text
ENI YULIANTI_2024_FULL TEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) | Request a copy |
|
Text
ENI YULIANTI_2024_BAB I.pdf Download (1MB) |
|
Text
ENI YULIANTI_2024_BAB PENUTUP.pdf Download (548kB) |
|
Text
ENI YULIANTI_2024_PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (208kB) | Request a copy |
Abstract
Dolalak merupakan kesenian tradisi yang muncul dan berkembang di wilayah Purworejo Jawa Tengah. Pada awal kemunculannya, kesenian ini ditarikan oleh laki-laki. Pada tahun 1970 merupakan awal campur tangan Pemerintah berkait dengan usaha promosi kesenian sebagai aset daerah. Upaya Bupati Soepanto, yang mendorong para perempuan untuk bisa menarikan Dolalak mendapat dukungan yang positif dari masyarakat. Dengan ditarikan oleh perempuan, Kesenian Dolalak dianggap lebih menarik dan memiliki potensi pemasaran yang lebih besar. Tahun 1970 itu lah menjadi pijakan awal kesenian Dolalak berkembang cukup pesat. Bersamaan dengan hadirnya Dolalak Putri, kesenian Dolalak laki-laki mulai kurang diminati bahkan dilupakan. Tulisan ini akan menganalisis eksistensi penari perempuan pada kesenian Dolalak dengan pendekatan Sosiologi modern, dengan teori/metode Fenomenologi dari Peter L.Berger. Analisis ini berpijak pada perumusan Berger tentang hubungan timbal balik di antara realitas sosial yang bersifat objektif dengan pengetahuan yang bersifat subjektif dilandaskan pada Realitas Kehidupan sehari-hari dan Interaksi sosial dalam kehidupan sehari-hari. Eksistensi dalam kasus Ambarwati sebagai sosok pelestari Dolalak yang memiliki popularitas yang tinggi dengan predikatnya sebagai “Ratu Dolalak”. Popularitas Ambarwati sebagai penari Dolalak tidak hanya pemanfaatan atas tubuhnya saja tetapi juga diiringi dengan pengalaman dan pengetahuan dari pendidikan seni sehingga kiprahnya dalam pertunjukan lebih menarik. Hal ini yang menjadikan kehadiran Ambarwati diidolakan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Department: | KODEPRODI91231#TARI | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | eksistensi, penari perempuan, dolalak | |||||||||
Subjects: | Tari > Pengkajian Tari | |||||||||
Divisions: | Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Tari > Seni Tari (Pengkajian) | |||||||||
Depositing User: | Eni Yulianti | |||||||||
Date Deposited: | 01 Aug 2024 07:12 | |||||||||
Last Modified: | 01 Aug 2024 07:12 | |||||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/17349 |
Actions (login required)
View Item |