Perancangan Film Animasi Pendek sebagai Media Kampanye Awareness dalam Bijak Memakai AI-Generated Content di Internet

Aldiansyah Fahreza, Muhamad (2024) Perancangan Film Animasi Pendek sebagai Media Kampanye Awareness dalam Bijak Memakai AI-Generated Content di Internet. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
Muhamad Aldiansyah Fahreza_2024_FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy
[img] Text
Muhamad Aldiansyah Fahreza_2024_BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Muhamad Aldiansyah Fahreza_2024_BAB PENUTUP.pdf

Download (1MB)
[img] Video (Karya)
Muhamad Aldiansyah Fahreza_2024_Karya.mp4
Restricted to Repository staff only

Download (31MB) | Request a copy
[img] Text
Muhamad Aldiansyah Fahreza_2024_Lembar Persetujuan Publikasi.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (828kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

Teknologi AI kian berkembang menjadi suatu alat yang mampu merubah kehidupan sehari-hari manusia baik untuk taraf yang lebih baik maupun buruk, Terlebih semenjak salah satu modelnya yang bersifat generative mulai bermunculan layanannya yang bisa diakses semua orang, kini siapapun dapat membuat konten apapun, di manapun, dan kapanpun menggunakan layanan AI tersebut, lalu digunakan di jejaring sosial untuk keperluan apapun. Masalah pun nampak ketika penggunaan konten AI tersebut tidak dipertanggungjawabkan dengan bijak di jejaring sosial, sehingga tidak hanya berpotensi melanggar hukum yang ada tetapi jugamerugikan serta mengganggu pengguna internet lainnya. Mengetahui bahwa konten-konten AI sudah mulai banyak digunakan untuk saling berbagi satu sama lain di platform jejaring sosial yang populer di Indonesia seperti Tiktok, Instagram dan Facebook dalam wujud konten singkat, maka disusunlah sebuah media penghimbauan akan bijak menggunakan konten AI dalam format yang sesuai dengan jejaring sosial tersebut. Perancangan film animasi pendek ini didesain menjadi wujud konten video singkat yang targetnya dapat disaksikan dengan mudah dan cepat di platform jejaring sosial seperti Tiktok untuk audiens yang aktif berbagi dan mencerna konten video singkat pada platform tersebut sebagai sumber informasinya. Hasil dari perancangan film animasi pendek ini menggunakan hasil analisis data berbasis 5W+1H yang bersumber dari kajian pustaka serta survei angket untuk memperkuat basis informasi dan pesan yang akan disampaikan melalui media hasil perancangan. Diharapkan media hasil akhir perancangan ini dapat bermanfaat sebagai penumbuh kesadaran masyarakat digital Indonesia dalam mawas akan pentingnya bijak serta bertanggung jawab ketika menggunakan konten yang dihasilkan dari layanan generative AI.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Aldiansyah Fahreza, Muhamadnim1712440024
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorRochman, Mochamadnidn0021027802
ContributorHaryanto, Andinidn0025118007
Department: KODEPRODI90241#DESAIN KOMUNIKASI VISUAL
Uncontrolled Keywords: Animasi, Kampanye, Generative AI, Awareness, Video Singkat
Subjects: Disain > Disain Komunikasi Visual
Divisions: Fakultas Seni Rupa > Jurusan Disain > Disain Komunikasi Visual
Depositing User: Muhamad Aldiansyah Fahreza
Date Deposited: 01 Aug 2024 07:17
Last Modified: 01 Aug 2024 07:17
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/17351

Actions (login required)

View Item View Item