Danendra Caesarea Adenta, Cristoforus (2024) Antara Tradisi Dan Kreasi: Musik Gamal Dalam Masyarakat Suku Dayak Jawant. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
Text
Cristoforus Danendra Caesarea Adenta_2024_FULL TEKS.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
Cristoforus Danendra Caesarea Adenta_2024_BAB I.pdf Download (635kB) |
|
Text
Cristoforus Danendra Caesarea Adenta_2024_BAB PENUTUP.pdf Download (156kB) |
|
Text
Cristoforus Danendra Caesarea Adenta_2024_PERNYATAAN PERSETUJUAN-PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (561kB) | Request a copy |
Abstract
Musik Gamal merupakan identitas budaya yang sangat penting bagi masyarakat Suku Dayak Jawant di Kalimantan Barat. Musik tersebut berfungsi sebagai iringan tari penyambutan tamu istimewa sekaligus media untuk mengungkapkan rasa syukur, harapan, dan nilai-nilai luhur masyarakat setempat. Musik Gamal dimainkan dengan instrumen tradisional seperti Gondang, Canang Bondih, Tawak, Gong, dan Kromong yang membutuhkan penguasaan teknik kompleks melalui proses turun-temurun. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode etnografi dengan langkah-langkah yaitu observasi parisipatif, wawancara mendalam, dokumentasi, studi pustaka, dan analisis data yang membahas pendapat masyarakat suku Dayak Jawant terkait musik Gamal yang dikreasikan serta perkembangan yang terjadi pada musik Gamal. Kemunculan pertunjukan tari kreasi yang diiringi musik Gamal kreasi oleh Sanggar Pangsuma M'paguk mendorong respons beragam, antara dianggap sebagai upaya pelestarian dalam kemasan modern namun juga memicu kekhawatiran hilangnya esensi tradisional. Dinamika perkembangan musik Gamal mencerminkan siklus budaya Ideasional, Idealistis, dan Indrawi menurut teori perubahan sosial oleh Pitirim A. Sorokin dalam mencapai keseimbangan antara pelestarian warisan budaya, aspek material, dan nilai-nilai spiritual. Perkembangan zaman mendorong kreativitas dan inovasi dalam penyajian musik Gamal, seperti penciptaan musik Gamal kreasi yang memadukan unsur tradisional dengan sentuhan modern, baik dalam instrumen maupun pola permainan. Terdapat dua repertoar musik Gamal suku Dayak Jawant yaitu musik Gamal tradisi dan musik Gamal kreasi. Melalui analisis varian dan variasi oleh Margaret J. Kartomi, instrumen Kenong dalam musik Gamal kreasi merupakan varian dari Kromong, sedangkan Bedug dan Gong merupakan variasi dari Gondang, Canang Bondih, Tawak, dan Gong yang menciptakan bentuk-bentuk baru.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Department: | KODEPRODI91201#ETNOMUSIKOLOGI | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Musik Gamal, pendapat masyarakat, perkembangan, tradisi, kreasi | |||||||||
Subjects: | Etnomusikologi | |||||||||
Divisions: | Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Etnomusikologi | |||||||||
Depositing User: | Cristoforus Danendra Caesarea Adenta | |||||||||
Date Deposited: | 02 Aug 2024 02:04 | |||||||||
Last Modified: | 02 Aug 2024 02:04 | |||||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/17401 |
Actions (login required)
View Item |