Febiyan Putra, Ihtifazhuddin (2024) Perancangan Concept Art Game RPG Sura & Baya. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
Text
Ihtifazhuddin Febiyan Putra_2024_FULL TEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (10MB) | Request a copy |
|
Text
Ihtifazhuddin Febiyan Putra_2024_BAB I.pdf Download (1MB) |
|
Text
Ihtifazhuddin Febiyan Putra_2024_Lembar Persetujuan Publikasi.jpg Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
Ihtifazhuddin Febiyan Putra_2024_BAB V Penutup.pdf Download (418kB) |
Abstract
Industri game merupakan salah satu cabang dari industri kreatif yang mengalami peningkatan pesat dalam beberapa tahun terakhir. Peningkatan ini bahkan lebih besar dari industri film dan musik, menunjukkan betapa populernya industri game pada era ini. Salah satu genre game yang memiliki tingkat kepopuleran yang tinggi adalah fantasi. Game fantasi telah menciptakan berbagai macam judul game yang mampu meraih banyak penghargaan di ajang game bergengsi seperti The Game Awards. Popularitas tersebut dikarenakan game fantasi yang mampu menawarkan berbagai macam pengalaman baru yang tidak dapat dilakukan di dunia nyata. Dalam penciptaannya, game fantasi banyak mengambil inspirasi dari berbagai macam sumber di dunia nyata seperti literasi, sejarah, budaya atau foklor. Mengingat Indonesia merupakan negara dengan budaya yang sangat beragam, maka potensi industri game Nusantara sangatlah tinggi. Seperti folklor legenda Sura & Baya yang menceritakan konflik hiu dan buaya dan menjadi legenda terbentuknya kota Surabaya. Sayangnya industri game lokal masih terbilang jarang mengangkat budaya lokal ke dalam perancangan game. Maka dari itu perlu adanya media yang mengolah budaya Indonesia ke dalam konsep baru, sebagai contoh dari potensi budaya lokal dalam industri game. Perancangan ini menghasilkan buku concept art yang berjudul “Concept Art Sura Baya”, yang mengambil inspirasi dari folklor legenda Sura & Baya. Concept art ini dibuat dengan pengumpulan data primer yang didapat melalui studi literasi, sejarah dan budaya yang berkaitan dengan kota Surabaya, serta data sekunder yang menjadi literasi dan sumber pendukung pada perancangan ini. kedua data Primer dan Sekunder ini, nantinya diolah dengan metode alih wahana dan loose adaptation, untuk menghasilkan konsep baru. Perancangan ini diharapkan mampu memunculkan perhatian dan minat audiens terhadap potensi budaya Indonesia dalam industri game.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Department: | KODEPRODI90241#DESAIN KOMUNIKASI VISUAL | ||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Game, Concept Art, Fantasi, Budaya, Legenda Sura & Baya | ||||||||||||
Subjects: | Disain > Disain Komunikasi Visual | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Seni Rupa > Jurusan Disain > Disain Komunikasi Visual | ||||||||||||
Depositing User: | Ihtifazhuddin Febiyan Putra | ||||||||||||
Date Deposited: | 02 Aug 2024 02:06 | ||||||||||||
Last Modified: | 02 Aug 2024 02:06 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/17405 |
Actions (login required)
View Item |