Pasha, Rayhan (2024) Perancangan Media Edukasi Tentang Manajemen Stres Dengan Menggunakan Seni Visual Sebagai Terapi Bagi Mahasiswa. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
Text
RAYHAN PASHA RAMADIYAN_2024_FULL TEKS.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) | Request a copy |
|
Text
RAYHAN PASHA RAMADIYAN_2024_BAB 1.pdf Download (1MB) |
|
Text
RAYHAN PASHA RAMADIYAN_2024_BAB Penutup.pdf Download (1MB) |
|
Text
Rayhan Pasha_2024_PERNYATAAN PERSETUJUAN-PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (144kB) | Request a copy |
Abstract
Dalam era modern yang penuh dengan tuntutan akademik, sosial, dan pribadi, mahasiswa seringkali mengalami tingkat stres yang tinggi. Stres yang berkepanjangan dapat memiliki dampak negatif pada kesejahteraan fisik dan mental mahasiswa, serta kinerja akademik mereka. Oleh karena itu, pengembangan metode efektif untuk mengelola stres menjadi penting dalam konteks pendidikan tinggi. Perancangan ini bertujuan untuk menciptakan media edukasi yang inovatif dan efektif tentang manajemen stres khususnya untuk mahasiswa, dengan menerapkan pendekatan seni terapeutik. Pendekatan ini menawarkan cara yang kreatif dan holistik untuk mengatasi stres, dengan menggunakan seni sebagai alat untuk ekspresi dan pemulihan. Metode pengembangan media digunakan dalam penelitian ini, yang melibatkan serangkaian langkah mulai dari analisis kebutuhan, perancangan, pengembangan, hingga evaluasi media edukasi. Data dikumpulkan melalui survei, wawancara, dan studi literatur untuk memahami kebutuhan, preferensi, dan tantangan yang dihadapi oleh mahasiswa dalam mengelola stres, serta untuk mengeksplorasi potensi pendekatan seni terapeutik dalam konteks ini. Media edukasi yang dihasilkan dirancang untuk menyajikan informasi tentang manajemen stres dengan cara yang menarik dan interaktif, yang menggabungkan prinsip-prinsip seni terapeutik dengan konten pengetahuan yang relevan. Tujuan perancangan ini adalah yaitu sebagai merancang buku sebagai media edukasi yang berfungsi untuk meningkatkan kesadaran mengenai stres berlebihan dan manajemen stres pada mahasiswa, serta untuk mengembangkan keterampilan manajemen stres mahasiswa. Diharapkan bahwa hasil dari penelitian ini dapat memberikan panduan yang berharga bagi institusi pendidikan tinggi dalam mengembangkan program-program manajemen stres yang inovatif, berbasis bukti, dan ramah mahasiswa. Selain itu, diharapkan juga dapat meningkatkan kesadaran akan pentingnya integrasi seni terapeutik dalam pendekatan kesehatan mental di kalangan mahasiswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Department: | KDEPRODI90241#DESAIN KOMUNIKASI VISUAL | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Buku Interaktif, Mahasiswa, Stres, Manajemen Stres, Seni Terapeutik | |||||||||
Subjects: | Disain > Disain Komunikasi Visual | |||||||||
Divisions: | Fakultas Seni Rupa > Jurusan Disain > Disain Komunikasi Visual | |||||||||
Depositing User: | Rayhan Pasha Ramadiyan | |||||||||
Date Deposited: | 02 Aug 2024 06:40 | |||||||||
Last Modified: | 02 Aug 2024 06:40 | |||||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/17487 |
Actions (login required)
View Item |