Perancangan Film Pendek Animasi 2d Tari Campak Sebagai Media Introduksi Dan Pelestarian Budaya Pada Anak Sekolah Di Era 4.0

Yulisaputra, Mukhlis (2024) Perancangan Film Pendek Animasi 2d Tari Campak Sebagai Media Introduksi Dan Pelestarian Budaya Pada Anak Sekolah Di Era 4.0. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
Mukhlis Yulisaputra_2024_FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (21MB) | Request a copy
[img] Video
Mukhlis Yuisaputra_2024_LAMPIRAN.mp4

Download (38MB)
[img] Text
Mukhlis Yulisaputra_2024_PERNYATAAN PERSETUJUAN-PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (110kB) | Request a copy
[img] Text
Mukhlis Yulisaputra_2024_BAB I Pendahuluan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Mukhlis Yulisaputra_2024_BAB V Penutup.pdf

Download (494kB)
[img] Video
sh: 1: /usr/bin/youtube-dl: not found

Download (0B)
Official URL: https://youtu.be/EelD613OW1I?si=xgS0GES1qo2vBsth

Abstract

Perancangan ini dibentuk berdasarkan fenomena kepopuleran tari Campak yang menjadi perhatian penulis khususnya bagi warisan budaya Bangka Belitung. Begitu banyak tari tradisional yang memang sedari awal memang dipersembahkan sebagai pemujaan, persembahan, dan perayaan yang setiap tarian pun memiliki ketentuan-ketentuan yang sudah melekat dan tidak dapat diubah esensinya. Makna-makna toleransi pada tari Campak pun luntur akibat hal tersebut membuat generasi-generasi muda harus ekstra sadar dan peka terhadap perubahan dan pelestarian budaya yang terjadi. Perancangan animasi 2D ini diharapkan dapat menjadi jembatan kepada para remaja untuk ikut andil dalam melestarikan nilai toleransi pada tari Campak sehingga keutuhan dari dalam tarian pun akan terjaga hingga ke masa depan. Metode perancangan ini menggunakan metode teknik 5W+1H yaitu menganalisis dan mengevaluasi data berdasarkan runtutan pertanyaan-pertanyaan dari Tarian Rakyat Campak yang hasil dari pertanyaannya akan disusun menjadi laporan yang kemudian dimasukan ke dalam narasi animasi yang sesuai dengan yang ingin disampaikan ke target audiens. Perancangan animasi memiliki tujuan untuk memberikan rangkuman dan pemahaman kepada generasi muda mengenai pentingnya mempelajari sejarah dari sebuah warisan budayanya sebagai acuan dalam menjalani kehidupan dan pembentukan karakteristik masyarakat kebangsaan Indonesia. Penyajian dari tujuan kreatif perancangan animasi mengenai tarian Campak adalah untuk memberitahu target audiens mengenai makna tarian yang telah dipilih sebagai sorotan utama dengan makna yang ingin disampaikan dari tarian tersebut. Selain gerakan tari, pengemasan asal usul tarian yang dikaitkan dengan masalah anak sekarang yang relevan membuat target audiens merasa familiar dan dapat mengambil hikmah dari cerita yang disajikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Yulisaputra, Mukhlisnim1912638024
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorAgung Suwasono, Arifnidn0016116701
DonorPrimayudi, Kadeknidn0015068106
Department: KODEPRODI90241#DESAIN KOMUNIKASI VISUAL
Uncontrolled Keywords: Tari Campak, Pelestarian, Budaya, Animasi.
Subjects: Audio Visual
Disain > Disain Komunikasi Visual
Divisions: Fakultas Seni Rupa > Jurusan Disain > Disain Komunikasi Visual
Depositing User: MUKHLIS YULISAPUTRA
Date Deposited: 02 Aug 2024 07:33
Last Modified: 02 Aug 2024 07:33
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/17488

Actions (login required)

View Item View Item