Andayani, Amerisa (2024) Dwipadma Nayaka. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
Text
AMERISA ANDAYANI_2024_FULLTEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text
AMERISA ANDAYANI_2024_BAB 1.pdf Download (3MB) |
|
Text
AMERISA ANDAYANI_2024_BAB IV.pdf Download (3MB) |
|
Text
AMERISA ANDAYANI_2024_PERNYATAAN PERSETUJUAN-PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (63kB) | Request a copy |
|
Video
AMERISA ANDAYANI_2024_LAMPIRAN.MP4 Restricted to Repository staff only Download (32MB) | Request a copy |
|
Video
sh: 1: /usr/bin/youtube-dl: not found Download (0B) |
Abstract
Tulisan karya ini menceritakan tentang Ronggeng Gunung. Ronggeng Gunung lahir dari sebuah kepedihan dan dendam. Konon, para pembantu Dewi Rengganis yang ikut menari, menutup matanya agar para bajak laut/bajo itu larut dalam tarian mereka. Ketika sang musuh tergoda dan ikut ke tengah lingkaran, sebuah senjata menunggu saat yang tepat untuk menikam. Berhasilah Dewi Rengganis membalas dendam atas kematian suaminya. Penata tertarik untuk membuat sebuah koreografi kelompok yang bersumber dari cerita rakyat Dewi Siti Samboja. Mengisahkan tentang seorang putri cantik dan anggun yang juga memiliki sisi maskulin dalam dirinya, di mana sisi itu muncul karena kisah cinta tragis yang dialaminya. Perempuan juga memiliki sifat maskulin, karena bagaimanapun sifat maskulin berbeda dengan jenis kelamin, baik laki-laki maupun perempuan dapat bersifat maskulin seperti memiliki pemikiran rasional, keberanian, kemandirian dan ketegasan. Penciptaan karya tari Dwipadma Nayaka memiliki gagasan utama tentang sosok Dewi Siti Samboja. Karya tari ini menggunakan gerak tari yang bersumber dari kesenian Ronggeng Gunung, di mana dalam kesenian ini mengandung unsur tari rakyat, ketuk tilu, dan pencak silat. Motif gerak tari Sunda seperti mincid, ngalagena, galeong, geolan, dan reundeuk yang akan menjadi dasar pijakan gerak tari dalam karya tari ini. Tidak menutup kemungkinan juga akan hadirnya motif gerak besot, tembrag, tangkis, dan tajong yang diambil dari seni pencak silat yang kemudian akan dikembangkan dengan teknik gerak fall and recovery dari Doris Humphrey.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Department: | KODEPRODI91231#SENI TARI | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Dewi Siti Samboja,bajo,Ronggeng Gunung | |||||||||
Subjects: | Tari > Penciptaan Tari | |||||||||
Divisions: | Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Tari > Seni Tari (Penciptaan) | |||||||||
Depositing User: | Amerisa Andayani | |||||||||
Date Deposited: | 02 Aug 2024 09:13 | |||||||||
Last Modified: | 02 Aug 2024 09:13 | |||||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/17514 |
Actions (login required)
View Item |