METODE PEMBELAJARAN PIANO KLASIK PADA ANAK USIA 7-10 TAHUN DI SEKOLAH MUSIK PURWACARAKA YOGYAKARTA

Arumaya Aruja, 0911333013 (2016) METODE PEMBELAJARAN PIANO KLASIK PADA ANAK USIA 7-10 TAHUN DI SEKOLAH MUSIK PURWACARAKA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (947kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jurnal.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

Sekolah Musik Purwacaraka Yogyakarta pada tahun 2016 memiliki kurang lebih 15 guru piano klasik dengan jumlah siswa piano klasik usia 7-10 tahun kurang lebih 190 siswa. Jumlah yang sangat signifikan antara guru dan siswa maka terdapat kendala yang dialami oleh guru dalam mengajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Metode yang menggunakan beberapa langkah yaitu melalui tahap pengumpulan data, observasi, pengumpulan data, wawancara, dan studi pustaka. Di Sekolah Musik Puwacaraka Yogyakarta menggunakan beberapa metode pembelajaran piano klasik antara lain metode ceramah, metode pemberian tugas, metode demonstrasi, metode latihan, dan metode tanya jawab. Pada saat proses belajar mengajar di dalam kelas pada tingkat yang berbeda yaitu tingkat pemula B guru menggunakan metode tanya jawab, ceramah, demonstrasi, latihan, dan pemberian tugas. Pada tingkat 1A guru menggunakan metode ceramah, demonstrasi, pemberian tugas, dan latihan. Dalam proses pembelajaran tersebut terjadi beberapa kendala antara lain siswa kurang latihan di rumah sehingga ketika pertemuan berikutnya siswa tidak dapat memainkan dengan lancar. Guru harus mengulang kembali materi tersebut. Siswa kurang mendapat dukungan dari orang tua untuk latihan di rumah. Solusi untuk masalah tersebut yaitu guru dan orang tua hendaknya berkomunikasi dengan baik agar orang tua tahu kekurangan siswa dan dapat memantau latihan siswa di rumah. Orang tua disarankan untuk selalu mengikuti perkembangan belajar siswa dan mendukung siswa agar semangat untuk latihan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Dosen Pembimbing: 1. Maria Octavia Rosiana 2. Kustap
Uncontrolled Keywords: Sekolah Musik Purwacaraka Yogyakarta, piano klasik, metode pembelajaran
Subjects: Musik > Pengkajian seni musik (musikologi dan pendidikan musik)
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Musik
Depositing User: sri SE endarti
Date Deposited: 06 Jun 2017 02:03
Last Modified: 06 Jun 2017 02:03
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/1752

Actions (login required)

View Item View Item