Tresna Yunita, Ayu and Tio Parahita Nainggolan, Oriana and Ramadan Nensin, Ilham (2023) Musik Kreatif Dalam Kurikulum Merdeka Di Tingkat Sekolah Menengah Pertama. Institut Seni Indonesia Yogyakarta, UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta.
Text
Ayu Tresna Yunita_2023_FullText.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
Ayu Tresna Yunita_2023_Bab I.pdf Download (375kB) |
|
Text
Ayu Tresna Yunita_2023_Bab V.pdf Download (81kB) |
Abstract
Kurikulum Merdeka yang dirancang oleh Kemendikbudristek adalah sebuah kurikulum yang dibuat untuk mengatasi rendahnya kualitas pembelajaran di Indonesia, yang diperburuk oleh pandemi COVID-19 sehingga mengharuskan pendidikan diselenggarakan secara online atau yang dikenal dengan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Dari beberapa penelitian diketahui bahwa selama pandemi, kualitas pembelajaran mengalami penurunan dan menunjukkan terjadinya learning loss (kehilangan pembelajaran sebelumnya, sehingga tidak dapat menuntaskan kompetensi pembelajar). Selain itu kurikulum Merdeka dirancang untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia dalam mempersiapkan Indonesia Golden Generation 2045. Dalam usaha untuk mewujudkan Indonesia Golden Generation 2045, sektor pendidikan memainkan peran penting dan sebagai salah satu usaha untuk mendukung usaha tersebut tersebut dirancanglah kurikulum Meredeka. Kurikulum Merdeka diharapkan dapat mengembalikan sistem pendidikan Indonesia sesuai dengan undang-undang pendidikan di Indonesia yang memberikan kemerdekaan pada sekolah untuk menginterpretasi kompetensi dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pembelajaran Seni Musik dalam kurikulum Merdeka. Dalam kurikulum Merdeka, yang menjadi esensi penting adalah kemerdekaan berpikir. Kemerdekaan berpikir dapat dilatih melalui pembelajaran musik, disinilah musik kreatif memainkan peran penting untuk menciptakan kemerdekaan berpikir baik siswa maupun guru. Musik kreatif adalah materi yang dapat diimplementasikan pada pembelajaran musik di SMP (Sekolah Menengah Pertama) dalam kurikulum Merdeka. Melalui materi Musik Kreatif, siswa terlibat secara aktif untuk mendapat pengalaman musikal. Dalam capaian pembelajaran Seni Musik pada kurikulum Merdeka untuk SMP disebutkan bahwa siswa harus mengalami, menciptakan, merefleksikan, dapat berpikir dan bekerja secara artistik, serta merasakan dampak pembelajaran tersebut bagi diri sendiri ataupun orang lain. Keempat capaian pembelajaran tersebut dapat dilalui melalui proses pembelajaran Musik Kreatif. Untuk mengkaji Musik Kreatif dalam kurikulum Merdeka, maka penelitian ini dilakukan dengan tahapan: Perencanaan yaitu merumuskan tujuan penelitian, merumuskan masalah, mengadakan studi pendahuluan, dan menyusun rencana penelitian; Pelaksanaan penelitian yang terdiri dari pengumpulan data dan analisis data; serta Pelaporan penelitian. Luaran yang ditargetkan pada penelitian ini adalah artikel yang akan dimuat di jurnal terakreditasi nasional dan didesiminasikan pada seminar nasional. Level TKT pada penelitian ini berada pada level 2 yaitu formulasi konsep dan/atau aplikasi teknologi.
Item Type: | Other | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | musik kreatif, kurikulum, SMP | ||||||||
Subjects: | Karya Dosen | ||||||||
Divisions: | Repository ISI Yogyakarta | ||||||||
Depositing User: | Ida ID Sriwahjudewi | ||||||||
Date Deposited: | 05 Aug 2024 07:45 | ||||||||
Last Modified: | 05 Aug 2024 07:45 | ||||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/17590 |
Actions (login required)
View Item |