Keberadaan Alat Musik Tiup Barat dalam Penyajian Gondang Husip-husip oleh Parsaoran Etnik Yogyakarta: Kajian Hibriditas Musikal

Lamris I Simamora, Boy (2024) Keberadaan Alat Musik Tiup Barat dalam Penyajian Gondang Husip-husip oleh Parsaoran Etnik Yogyakarta: Kajian Hibriditas Musikal. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
Boy Lamris I Simamora_2024_FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB) | Request a copy
[img] Text
Boy Lamris I Simamora_2024_BAB I.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Boy Lamris I Simamora_2024_BAB V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Boy Lamris I Simamora_2024_PERSETUJUAN P.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (391kB) | Request a copy
Official URL: https://lib.isi.ac.id/

Abstract

Seiring perkembangan zaman, penyajian gondang sebagai musik tradisi suku Batak Toba tidak luput dari sentuhan modernitas. Salah satunya adalah keberadaan instrumen tiup Barat dalam penyajian satu repertoar musik tradisi Batak yang paling sering dimainkan dalam upacara adat, Gondang Husip-husip oleh Parsaoran Etnik Yogyakarta. Parsaoran Etnik sebuah grup musik tradisi Batak yang berada di kota Yogyakarta hadir dengan konsep komposisi musik yang berbeda, membawakan komposisi musik yang unik dan inovatif.Penelitian ini mengkaji fenomena hibriditas musikal antara alat musik tiup Barat dalam penyajian Gondang Husip-husip oleh Parsaoran Etnik Yogyakarta, menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan musikologi. Pengambilan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan hibriditas musikal tersebut merupakan proses dinamis yang berlangsung dalam tiga tahap: introduksi dan adopsi, eksperimentasi dan penyesuaian, serta pemurnian dan internalisasi. Penyajian Gondang Husip-husip yang memiliki pola struktur lagu A B C C dibalut dengan perpaduan alat musik tiup Barat yang digunakan untuk melodisasi, harmonisai, timbre, penciptaan warna musik yang baru dan memperkaya ekspresi musikal. Hibridisasi ini menghasilkan komposisi dan karakteristik musik baru, seperti penggabungan harmoni Barat, penggunaan teknik improvisasi, perpaduan teknik permainan alat musik Barat dan tradisional Batak, adaptasi komposisi musik Gondang Husip-husip, serta nuansa musik yang lebih modern dan kontemporer. Hibriditas ini menunjukkan kemampuan tradisi musik Batak Toba untuk berkembang dan berinovasi di tengah gempuran modernisasi. Hibridisasi ini juga menghasilkan komposisi dan karakteristik musik baru yang memperkaya ekspresi musikal Gondang Husip-husip.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Lamris I Simamora, Boynim20102700131
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorPurba, Krismusnidn0025126206
ContributorDeardo Purba, Ezranidn0518069101
Department: KODEPRODI91221#SENI MUSIK
Uncontrolled Keywords: Hibriditas, Instrumen tiup Barat, Musik Toba
Subjects: Musik > Pengkajian seni musik (musikologi dan pendidikan musik)
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Musik
Depositing User: Boy Lamris I Simamora
Date Deposited: 06 Aug 2024 06:09
Last Modified: 06 Aug 2024 06:09
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/17620

Actions (login required)

View Item View Item