Indrawati, Antonia and Octavianingrum, Dilla and Noor Atyya Putri, Nadia (2023) Implementasi Model Project based Learning pada pembelajaran Tari Jenjang SMP dalam Kurikulum Merdeka. Institut Seni Indonesia Yogyakarta, UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta.
Text
Antonia Indrawati_2023_Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
Antonia Indrawati_2023_Bab I pdf.pdf Download (172kB) |
|
Text
Antonia Indrawati_2023_Bab VI pdf.pdf Download (134kB) |
Abstract
Pembelajaran Seni dalam kurikulum sekolah berfungsi untuk mengembangkan sikap dan kemampuan siswa agar berkreasi dan menghargai seni. Selain itu, dengan adanya pembelajaran seni bertujuan untuk membentuk karakter peserta didik menjadi manusia yang memiliki rasa seni dan pemahaman budaya. Pelaksanaan dalam pembelajaran, ruang lingkup pendidikan seni meliputi aspek pengetahuan, apresiasi dan pengalaman kreatif. Berkarya seni pada dasarnya adalah proses membentuk gagasan dan mengolah media seni untuk mewujudkan bentukbentuk karya seni yang baru. Salah satu dimensi yang tidak bisa dipisahkan dari pendidikan nasional di masa depan adalah kebijakan mengenai kurikulum. Kurikulum merupakan jantung dari dunia pendidikan, termasuk untuk pembelajaran seni itu sendiri. Sasaran dari penelitian ini adalah dihasilkannya metode baru penyempurnaan Project Based Learning untuk pengembangan pembelajaran tari jenjang SMP. Penelitian ini berorientasi kepada penjelasan atas penemuan kasus implementasi Project Based Learning guna mengantisipasi suatu masalah baru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk 1) mengetahui dan menjabarkan konsep penerapan Project Based Learning serta 2) membuktikan konsep penerapan Project Based Learning pada pembelajaran tari jenjang SMP dalam kurikulum merdeka. Penelitian yang menggunakan kualitatif pendekatan studi kasus, yang merupakan jenis pendekatan untuk menyelidiki dan memahami sebuah kejadian atau masalah yang telah terjadi dengan mengumpulkan berbagai macam informasi yang kemudian diolah untuk mendapatkan sebuah solusi agar masalah yang diungkap dapat terselesaikan. Penelitian dilakukan di SMP Negeri se-Kecamatan Sewon. Teknik pengumpulan data dengan observasi, depth interview, dan analisis dokumen. Kedalaman analisis pada sebuah kasus tertentu lebih spesifik. Analisis dan triangulasi data juga digunakan untuk menguji keabsahan data dan menemukan kebenaran objektif sesungguhnya. Penelitian ini memiliki Tingkat Kesiapan Teknologi (TKT) pada level 3 karena akan menganalisa konsep Project Based Learning dalam kasus pembelajaran tari jenjang SMP pada kurikulum merdeka. Capaian luaran yang berbentuk jurnal telah disusun dan disubmit pada jurnal terakreditasi sinta 2 yaitu jurnal Pedagogy dan Pembelajaran, adapun alamat websitenya yaitu https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JP2 (bukti terlampir). Secara bertahap peneliti juga menunggu dan selalu memantau artikel seminar internasional ICLIQE (diselenggarakan oleh Universitas Sebelas Maret Surakarta) yang dilaksanakan pada tanggal 28 Agustus 2023, dan saat ini masih dalam tahap in editing pada proses prosiding.
Item Type: | Other | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Project Based Learning, pembelajaran tari, kurikulum | ||||||||
Subjects: | Karya Dosen | ||||||||
Divisions: | Repository ISI Yogyakarta | ||||||||
Depositing User: | Ida ID Sriwahjudewi | ||||||||
Date Deposited: | 06 Aug 2024 05:58 | ||||||||
Last Modified: | 06 Aug 2024 05:58 | ||||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/17623 |
Actions (login required)
View Item |