Estetika Teater Kekejaman (Antonin Artaud) Di Indonesia : Studi Kasus Pertunjukan “Tu(M)Buh” Karya Tony Broer ( Bandung ), Dan “Tubuh Ketiga” Karya Teater Garasi (Yogyakarta)

Purwanto, Purwanto and Daris Arhan, Zaki (2023) Estetika Teater Kekejaman (Antonin Artaud) Di Indonesia : Studi Kasus Pertunjukan “Tu(M)Buh” Karya Tony Broer ( Bandung ), Dan “Tubuh Ketiga” Karya Teater Garasi (Yogyakarta). Institut Seni Indonesia Yogyakarta, UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta.

[img] Text
Purwanto_2023_Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
Purwanto._2023_Bab I.pdf

Download (324kB)
[img] Text
Purwanto._2023_Bab VI.pdf

Download (293kB)
Official URL: http:// lib.isi.ac.id

Abstract

Penelitian estetika teater kekejaman Antonin Artaud di Indonesia belum banyak dipakai untuk mengkaji teater kontemporer. Dasar pemebentukan etsteika teater kekejaman bersumber dari teater tradisi di Bali. Bentuk teater kekejaman di Indonesia dalam teater kontemporer secara individual Tu(m)buh dikreasi oleh Tony Broer (Bandung) dan secara komunitas Tubuh Ketiga dikreasi oleh Teater Garasi (Yogyakarta) pimpinan Yudi Ahmad Tajudin. Dasar perumusan teater kekejaman oleh Antonin Artaud adalah teater tradisi Bali yaitu teater Calonarang dengan adegan Nguyen (menusuk keris ke dalam tubuh sendiri) berbasis ritual dan melibatkan para penonton. Bentuk pertunjukan teater kekejaman karya Tony Broer dan Teater Garasi dideskripsikan proses dan hasil karyanya. Metode penelitian kualitatif dengan analisis elemen teater untuk mengurai dan menganalisis dari karya teater Tony Broer maupun Teater Satu kemudian diperbandingkan dan dikaji dengan model teater kekejaman. Hasilnya berupa model penerlitian teater dalam prespektif estetika kekejaman Antonin Artaud. Selain itu, hasil riset dapat digunakan untuk memperkaya materi pembelajaran riset penciptaan bentuk estetika teater kekejaman, publikasi ilmiah pada jurnal nasional terakreditasi, makalah dan presentasi seminar nasional serta memperkaya referensi untuk memperkaya teori teater yang berakar dari teater tradisi Nusantara untuk mencipta teater kontemporer.

Item Type: Other
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Purwanto, Purwantonidn0003026504
Daris Arhan, Zakinim1911000014
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDSahid, Nurnidn 0008026208
Uncontrolled Keywords: bentuk, analisis kualitatif, elemen, estetika, teater kekejaman
Subjects: Karya Dosen
Divisions: Repository ISI Yogyakarta
Depositing User: Ida ID Sriwahjudewi
Date Deposited: 08 Aug 2024 09:05
Last Modified: 08 Aug 2024 09:05
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/17660

Actions (login required)

View Item View Item