Konsep Merdeka Belajar Fase B: Pemanfaatan Teknologi Multimedia Dalam Pembelajaran Seni Musik Pada Pendidikan Sekolah Dasar

Wahyu Widodo, Tri and Aditya Eranius, Angel (2023) Konsep Merdeka Belajar Fase B: Pemanfaatan Teknologi Multimedia Dalam Pembelajaran Seni Musik Pada Pendidikan Sekolah Dasar. Institut Seni Indonesia Yogyakarta, UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta.

[img] Text
Tri Wahyu Widodo_2023_Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
Tri Wahyu Widodo_2023_Bab I .pdf

Download (258kB)
[img] Text
Tri Wahyu Widodo_2023_Bab VI.pdf

Download (110kB)
Official URL: http:// lib.isi.ac.id

Abstract

Merdeka belajar merupakan kurikuklum yang sudah diilmplementasikan pada beberapa sekolah dasar hingga sekolah menengah atas. Dalam konsep kurikulum Merdeka Balajar yang dicanangkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memberikan kemudahan bagi guru kelas untuk menjalankan proses pembelajaran. Dalam penelitian ini akan menggali dan menelusuri permasalahan dalam proses pembelajaran dalam seni musik dalam konsep kurikulum Merdeka Belajar. Fase B merupakan bagian pemetaan dari konsep pembelajaran Merdeka Belajar untuk tingkat sekolah dasar kelas 3 dan 4. Bila melihat data dokumentasi berupa video yang kirimkan oleh guru kelas pada umumnya belum mencapai kedalaman yang dibutuhkan siswa sekolah umum. Dalam hal ini sekolah dasar, sehingga mata pelajaran musik hanya sebagai kelas pengetahuan teoritis. Bila terdapat praktik pun hanya bernyanyi dan tidak mengeksplorasi secara mendalam dari kontek pembelajarannya. Hal ini terjadi karena guru kelas memiliki keterbatasan dalam hal pengetahuan musik. Oleh karena itu dengan membangun konsep pembelajaran seni musik dengan multimedia sederhana memberikan membantu dan penguatan bagi guru kelas dalam mengajarkan pengetahuan seni musik pada fase B yaitu kelas 3 dan 4. Metode penelitian dan analisis data yang dilakukan dengan studi kasus dari guru kelas yang mengajarkan seni musik kelas. Tujuan dari penelitian ini memberikan kebermanfaatan bagi guru kelas yang akan maupun yang telah menerapkan mengajar seni musik dalam konsep kurikulum Merdeka Belajar fase B. Luaran target dari penelitian ini berupa artikel yang dipublikasikan kreteria terakreditasi Sinta. Selain itu hasil dari penelitian juga dipaparkan ke dalam forum pertemuan ilmiah secara regional ataupun nasional. Tingkat ketercapaian teknologi atau TKT (1-3) pada penelitian ini adalah tingkat dasar level 3 yaitu dengan bentuk konsep model multimedia sederhana. Konsep yang dimaksud adalah bagian pemikiran pembelajaran seni musik dengan memanfaatkan teknologi multimedia sederhana yang terkait pada fase B dengan target guru kelas di kurikulum Merdeka Belajar.

Item Type: Other
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Wahyu Widodo, Trinidn0014027301
Aditya Eranius, Angelnim20102630132
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorCau Arsana, I Nyomannidn 0007117104
Uncontrolled Keywords: Merdeka Belajar; Fase B; Seni Musik; Multimedia; Guru Kelas
Subjects: Karya Dosen
Divisions: Repository ISI Yogyakarta
Depositing User: Ida ID Sriwahjudewi
Date Deposited: 09 Aug 2024 09:06
Last Modified: 09 Aug 2024 09:06
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/17687

Actions (login required)

View Item View Item