Yudoko, Kristides (2008) Manipulasi Data Visual Iklan Kosmetika: Studi Kasus Iklan Cussons Hydrosystem Skin Lightening Dalam Perspektif Semiotika Komunikasi Visual Dengan Tumpuan Etika Deontologi. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
Text
Full Teks.pdf Restricted to Repository staff only Download (74MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (19MB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (2MB) |
Abstract
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan terhadap iklan kosmetika Cussons Hydrosystem Skin Lightening, dapat dikemukakan beberapa kesimpulan yang selaras dengan perumusan masalahnya sebagai berikut Pembentukan manipulasi lewat pemilihan dan pengkombinasian tanda itu dilakukan dengan pengubahan unsur-unsur data visualnya, terutama pada aspek wajah, tangan, dan topeng, sedangkan aspek lain pada data visual itu, sekalipun ada, yaitu pakaian yang dikenakan, tidaklah mencolok. Manipulasi dalam iklan tersebut memihki kekuatan penuhnya setelah didukung dengan data verbal (lingual) yang terletak pada penunjuk waktunya (kini), partikelnya (puw), kata tugasnya yang menunjuk kemampuan (dapar), dan tidak adanya kata sambung yang menyatakan perbandingan (reperti), sehingga membuat frasa yang sesungguhnya bersafat analogi berubah menjadi bersifat identifikasi
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Department: | KODEPRODI#90241#DISAIN KOMUNIKASI VISUAL | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | iklan, kosmetika, etika deontologi | |||||||||
Subjects: | Disain > Disain Komunikasi Visual | |||||||||
Divisions: | Fakultas Seni Rupa > Jurusan Disain > Disain Komunikasi Visual | |||||||||
Depositing User: | Bandono BD Bandono | |||||||||
Date Deposited: | 12 Aug 2024 04:51 | |||||||||
Last Modified: | 30 Aug 2024 02:42 | |||||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/17726 |
Actions (login required)
View Item |