Representasi kematian dalam sampul album Iron Maiden: Kajian semiotika komunikasi visual atas representasi kematian dalam sampul album Iron Maiden

Anggoro, Bagus (2008) Representasi kematian dalam sampul album Iron Maiden: Kajian semiotika komunikasi visual atas representasi kematian dalam sampul album Iron Maiden. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
Full Teks.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (49MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (7MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (2MB)
Official URL: https://lib.isi.ac.id

Abstract

Penelitian ini mengambil tema kematian, yang dimunculkan dalam sampul album yang merupakan sebuah karya disain komunikasi visual. Sampul album akan dikaji dengan menerapkan semiotika. Judul "Representasi Kematian pada Maskot Eddie The Head dalam Sampul album Iron Maiden" lebih jelasnya bermaksud untuk mengetahui makna-makna apa yang ada dibalik kemunculan maskot Eddie yang merepresentasikan kematian dalam sampul-sampul album fron Maiden. Pada Bab Pertama, peneliti melihat ada permasalahan yang menarik seputar kematian yang ditampilkan Eddie dalam sampul album Iron Maiden. Bab Kedua mengangkat berbagai tinjauan mengenai kematian dan kemunculannya dalam bentuk karya-karya seni, serta mengupas tentang Iron Maiden sebagai band Heavy Metal yang memiliki budaya dan ideológi kuat. Kemudian pada Bab Ketiga, akan di amati semua sumpul album Iron Maiden dan dipilih beberapa sampel untuk dianalisis menggunakan pendekaan semtotika intertekstual Barı pada Bab Keempat, sampel yang terpilih akan dianalisis denagn melihat tanda- tanda yang ditampilkan untuk mencari makna di balık kemanan vang ditunjukan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Anggoro, Bagusnim0111235024
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDTinarbuko, Sumbonip131996634
UNSPECIFIED., Widyatmokonip132380795
Department: KODEPRODI#90241#DESAIN KOMUNIKASI VISUAL
Uncontrolled Keywords: Iron Maiden, semiotika, komunikasi visual
Subjects: Disain > Disain Komunikasi Visual
Divisions: Fakultas Seni Rupa > Jurusan Disain > Disain Komunikasi Visual
Depositing User: Bandono BD Bandono
Date Deposited: 12 Aug 2024 05:48
Last Modified: 12 Aug 2024 05:48
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/17734

Actions (login required)

View Item View Item