Aurora Sekartaji, Nadya (2024) Analisis Persepsi dan Male Gaze terhadap Desain Karakter Game NIKKE: Goddess of Victory dengan Pendekatan Manga Matrix. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
Text
Nadya Aurora Sekartaji_2024_FULL TEKS.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
|
Text
Nadya Aurora Sekartaji_2024_BAB I.pdf Download (692kB) |
|
Text
Nadya Aurora Sekartaji_2024_BAB PENUTUP.pdf Download (233kB) |
|
Text
Nadya Aurora Sekartaji_2024_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
Nadya Aurora Sekartaji_2024_PERNYATAAN PERSETUJUAN-PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (70kB) | Request a copy |
Abstract
Seiring dengan perkembangan teknologi di era globalisasi, menjadikan industri media populer berkembang sangat pesat sebagai hiburan modern bagi masyarakat khususnya pada industri game. NIKKE: Goddess of Victory merupakan game bermekanisme gacha yang berhasil meraih kepopuleran dan keuntungan masif dalam waktu singkat sejak rilis pada November 2022 silam. Kepopuleran game NIKKE: Goddess of Victory berhasil menarik banyak perhatian publik karena sensualitas dan hiperseksualitas yang terdapat pada visual desain playable character-nya yaitu Nikke. Sensualitas tersebut terlihat secara eksplisit dari kostum yang memperlihatkan proporsi tubuh yang tidak wajar dan menunjukkan adanya bentuk penyimpangan penerapan etika dan moral budaya Indonesia yang mengajarkan perempuan untuk berpakaian sopan dengan menutup tubuhnya. Dari fenomena tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan memahami persepsi pemain yang terbentuk dari Male Gaze pada visual desain karakter game NIKKE: Goddess of Victory. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menganalisis persepsi pemain game NIKKE: Goddess of Victory dengan teori persepsi Bimo Walgito dan membedah visual 3 desain karakter pemenang Popularity Poll 2023 yaitu Modernia, Scarlet, dan Alice menggunakan kacamata Male Gaze dengan pendekatan Manga Matrix secara deskriptif. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa responden menyukai dan terpikat dengan desain karakter perempuan ‘maskulin’ dari atribut serta sifat yang distereotipkan pada laki-laki sekaligus berpenampilan feminin berdasarkan standar kecantikan bentuk tubuh perempuan di media yang kerap dihiperseksualisasi. Namun, mereka hanya mengakui ketertarikan tersebut pada ruang yang lebih privat dan anonim yang mengarah pada bentuk perilaku hipokrit untuk menghindari persepsi negatif dari publik karena ketertarikannya yang menyimpang dari etika dan moral yang berlaku di Indonesia.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Department: | KODEPRODI90241#DESAIN KOMUNIKASI VISUAL | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | NIKKE: Goddess of Victory, Male Gaze, Persepsi, Manga Matrix, Hiperseksualitas | |||||||||
Subjects: | Disain > Disain Komunikasi Visual | |||||||||
Divisions: | Fakultas Seni Rupa > Jurusan Disain > Disain Komunikasi Visual | |||||||||
Depositing User: | Nadya Aurora Sekartaji | |||||||||
Date Deposited: | 22 Aug 2024 08:16 | |||||||||
Last Modified: | 22 Aug 2024 08:16 | |||||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/17775 |
Actions (login required)
View Item |