Analisis Persepsi dan Male Gaze terhadap Desain Karakter Game NIKKE: Goddess of Victory dengan Pendekatan Manga Matrix

Aurora Sekartaji, Nadya (2024) Analisis Persepsi dan Male Gaze terhadap Desain Karakter Game NIKKE: Goddess of Victory dengan Pendekatan Manga Matrix. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
Nadya Aurora Sekartaji_2024_FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text
Nadya Aurora Sekartaji_2024_BAB I.pdf

Download (692kB)
[img] Text
Nadya Aurora Sekartaji_2024_BAB PENUTUP.pdf

Download (233kB)
[img] Text
Nadya Aurora Sekartaji_2024_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
Nadya Aurora Sekartaji_2024_PERNYATAAN PERSETUJUAN-PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (70kB) | Request a copy
Official URL: https://lib.isi.ac.id/

Abstract

Seiring dengan perkembangan teknologi di era globalisasi, menjadikan industri media populer berkembang sangat pesat sebagai hiburan modern bagi masyarakat khususnya pada industri game. NIKKE: Goddess of Victory merupakan game bermekanisme gacha yang berhasil meraih kepopuleran dan keuntungan masif dalam waktu singkat sejak rilis pada November 2022 silam. Kepopuleran game NIKKE: Goddess of Victory berhasil menarik banyak perhatian publik karena sensualitas dan hiperseksualitas yang terdapat pada visual desain playable character-nya yaitu Nikke. Sensualitas tersebut terlihat secara eksplisit dari kostum yang memperlihatkan proporsi tubuh yang tidak wajar dan menunjukkan adanya bentuk penyimpangan penerapan etika dan moral budaya Indonesia yang mengajarkan perempuan untuk berpakaian sopan dengan menutup tubuhnya. Dari fenomena tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan memahami persepsi pemain yang terbentuk dari Male Gaze pada visual desain karakter game NIKKE: Goddess of Victory. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menganalisis persepsi pemain game NIKKE: Goddess of Victory dengan teori persepsi Bimo Walgito dan membedah visual 3 desain karakter pemenang Popularity Poll 2023 yaitu Modernia, Scarlet, dan Alice menggunakan kacamata Male Gaze dengan pendekatan Manga Matrix secara deskriptif. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa responden menyukai dan terpikat dengan desain karakter perempuan ‘maskulin’ dari atribut serta sifat yang distereotipkan pada laki-laki sekaligus berpenampilan feminin berdasarkan standar kecantikan bentuk tubuh perempuan di media yang kerap dihiperseksualisasi. Namun, mereka hanya mengakui ketertarikan tersebut pada ruang yang lebih privat dan anonim yang mengarah pada bentuk perilaku hipokrit untuk menghindari persepsi negatif dari publik karena ketertarikannya yang menyimpang dari etika dan moral yang berlaku di Indonesia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Aurora Sekartaji, Nadyanim1912595024
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorAgung Suwasono, Arifnidn0016116701
ContributorIndrayana, Andikanidn0013118201
Department: KODEPRODI90241#DESAIN KOMUNIKASI VISUAL
Uncontrolled Keywords: NIKKE: Goddess of Victory, Male Gaze, Persepsi, Manga Matrix, Hiperseksualitas
Subjects: Disain > Disain Komunikasi Visual
Divisions: Fakultas Seni Rupa > Jurusan Disain > Disain Komunikasi Visual
Depositing User: Nadya Aurora Sekartaji
Date Deposited: 22 Aug 2024 08:16
Last Modified: 22 Aug 2024 08:16
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/17775

Actions (login required)

View Item View Item