Pola Penyajian Dan Garap Jineman Magelangan Laras Slendro Patet Sanga Pada Panguyuban Karawitan Tri Tunggal Grogol, Kretek, Bantul Yogyakarta

Sutrisno, Sutrisno (2008) Pola Penyajian Dan Garap Jineman Magelangan Laras Slendro Patet Sanga Pada Panguyuban Karawitan Tri Tunggal Grogol, Kretek, Bantul Yogyakarta. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
Full Teks.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (60MB) | Request a copy
[img] Text
BAB I.pdf

Download (16MB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (2MB)
Official URL: https://lib.isi.ac.id/

Abstract

Jineman pada umumnya adalah bentuk sindhenan yang dilagukan oleh swarawati atau wiraswara yang disajikan dalam suasana tenang, santai dan diiringi dengan instrumen lirihan tanpa menggunakan instrumen rebab. Struktur gending jineman dikategorikan sebagai gending pamijen. Jineman juga berfungsi sebagai peralihan patet, disajikan sebelum atau gending baku. Cakepan yang biasa digunakan dalam jineman adalah berbentuk wangsalan, isen-isen, parikan, senggakan ada pula yang berbentuk sekar macapat maupun geguritan. Jineman Magelangan rnerupakan salah satu bentuk jineman yang rnenggunakan sekar macapat kinanthi wantah yang sudah dikernbangkan rnenjadi bentuk tembang. Jineman Magelangan rnenggunakan gerongan, senggakan, wangsalan, isen­ isen dan garap sindhenannya rnengikuti gerongan. Jineman Magelangan tidak bisa berdiri sendiri sebelum disajikan, terlebih dahulu disajikan jineman lain dan menggunakan patet yang sama. Struktur Jineman Magelangan yang disajikan oleh Paguyuban Karawitan Tri Tunggal cenderung pada bentuk ladrang. Menggunakan instrumen lirihan, menggunakan rebab, juga menggunakan irama wiled dan rangkep.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Sutrisno, Sutrisnonim0110316012
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorSuseno, Agusnidn0017085602
ContributorSutrisni, Sutrisninidn0023086302
Department: KODEPRODI91211#SENI KARAWITAN
Uncontrolled Keywords: Jineman Magelangan, Laras Slendro, Karawitan
Subjects: Karawitan
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Karawitan
Depositing User: jody JS Santoso
Date Deposited: 14 Aug 2024 08:10
Last Modified: 14 Aug 2024 08:10
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/17873

Actions (login required)

View Item View Item