Gendhing Karawitan Pada Jejer Pertama Pakeliran Gaya Yogyakarta Versi Ki Kuat Hadi Samono Di Gunung Kidul : Kelangsungan Dan Perubahannya

Maryono, Maryono (2008) Gendhing Karawitan Pada Jejer Pertama Pakeliran Gaya Yogyakarta Versi Ki Kuat Hadi Samono Di Gunung Kidul : Kelangsungan Dan Perubahannya. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
Full Teks.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (54MB) | Request a copy
[img] Text
BAB I.pdf

Download (17MB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (2MB)
Official URL: https://lib.isi.ac.id/

Abstract

Wayang merupakan salah satu warisan budaya yang mempunyai kelangsungan hidup, khususnya di masyarakat Jawa. Sebagai hasil kebudayaan wayang memiliki nilai hiburan yang mengandung cerita pokok dan juga berfungsi sebagai medium komunikasi. Di samping itu, penyampaian ceritanya diselingi pesan-pesan yang menyentuh berbagai aspek kehidupan, sehingga mempunyai nilai pendidikan. Variasinya dapat meliputi segi kepribadian, kepemimpinan, kebijaksanaan dan kearifan dalam kehidupan berkeluarga, bermasyarakat dan bernegara. Sesuai pakem yang berlaku, masing-masing pesan disampaikan melalui adegan tertentu beserta tokoh-tokoh wayang yang terlibat, sedangkan mutu penampilannya bergantung kepada gaya dan persepsi dalang yang tidak terpisahkan dari daya aborsi masyarakat pemirsanya. Eksistensi wayang mengalami inovasi-inovasi baru, sehingga sebagian dalang berani mengubah sebagian pakem untuk keperluan tertentu demi memenuhi selera masyarakat. Sudah barang tentu hal ini mendapatkan tanggapan pro dan kontra dari masyarakat penikmatnya. Dalam perspektif pelestarian, hal ini ada sisi positifnya karena dapat menarik simpati penonton kalangan muda.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Maryono, Maryononim0310343012
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorKriswanto, Kriswantonidn0015115401
ContributorSri Atmojo, R. Bambangnidn005045906
Department: KODEPRODI91211#SENI KARAWITAN
Uncontrolled Keywords: Gendhing Karawitan, Jejer Pertama, Pakeliran Gaya Yogyakarta
Subjects: Karawitan
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Karawitan
Depositing User: jody JS Santoso
Date Deposited: 15 Aug 2024 03:10
Last Modified: 15 Aug 2024 03:10
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/17907

Actions (login required)

View Item View Item