Prabowo Hadi, Danar (2011) Perancangan Iklan Layanan Masyarakat Pengendalian Jumlah Penduduk dengan Program KB "Andalan". Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
Text
Full Teks.pdf Restricted to Repository staff only Download (58MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (11MB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (965kB) |
Abstract
Kenyataan di lapangan akan besarnya jumlah penduduk di Indonesia dari tahun ke tahun merupakan ancaman besar bagi keseluruhan rakyat Indonesia, dalam soal penyampaian informasi akan hal tersebut (dampak buruk banyaknya jumlah penduduk) sebenarnya sudah dilakukan sejak dulu, sejak pertama kali isu tenang ancaman ledakan penduduk di Indonesia merebak. Kebanyakan iklan layanan masyarakat tentang KB di Indonesia dari tahun ke tahun cenderung tidak mengalami perubahan, hanya memanfaatkan media-media yang umum dipakai untuk beriklan seperti poster, brosur, flyer dan sejenisnya. Oleh karena itu, suatu bentuk kampanye sosial tentang pentingnya mengikuti program KB yang benar- benar menyentuh masyarakat sangat dibutuhkan, salah satunya adalah memanfaatkan media yang jarang atau bahkan belum pernah digunakan untuk iklan layanan masyarakat ini sebelumnya. Dalam hal ini digunakan media bus Trans Jogja. Mengapa bus Trans Jogja? Karena bus Trans Jogja belum pernah digunakan untuk media iklan seperti ini dan media ini merupakan alat transportasi yang sangat dibutuhkan masyarakat Yogyakarta untuk saat ini dan beberapa masa kedepan karena pengaruh peningkatan jumlah penduduk yang semakin tinggi sehingga kebutuhan akan alat transportasi yang nyaman pasti sangat dibutuhkan oleh masyarakat, dikhawatirkan apabila jumlah penduduk semakin tidak terkendali maka sarana umum yang nyaman tentu akan semakin berkurang atau bahkan hilang. Yogyakarta sendiri merupakan wilayah yang sangat kompleks karena penghuninya tidak hanya orang Yogyakarta sendiri melainkan dari berbagai wilayah di Indonesia sehingga sering juga disebut miniatur dari Indonesia. Oleh karena itu akan sangat tepat bila menggunakan salah satu jenis iklan yaitu jenis ambient media untuk mengiklankan program ini, media ini memanfaatkan berbagai hal yang terkadang tidak terpikir oleh masyarakat umum untuk dijadikan media iklan sehingga akan sangat mudah untuk menyedot perhatian massa apalagi bila penempatannya dapat diinteraksikan dengan kegiatan masyarakat sehari-hari. Penggunaan media yang tersedia di sekitar target sasaran dan digabungdengan pesan yang ingin disampaikan adalah kunci kesuksesan dari media ini.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Department: | KODEPRODI#90241#DISAIN KOMUNIKASI VISUAL | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | perancangan, Iklan, Program KB, Andalan | |||||||||
Subjects: | Disain > Disain Komunikasi Visual | |||||||||
Divisions: | Fakultas Seni Rupa > Jurusan Disain > Disain Komunikasi Visual | |||||||||
Depositing User: | Bandono BD Bandono | |||||||||
Date Deposited: | 15 Aug 2024 08:08 | |||||||||
Last Modified: | 30 Aug 2024 04:06 | |||||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/17976 |
Actions (login required)
View Item |