Perancangan Cinematic Dalam Game Tiga Dimensi "Dewaruci".

Wijaya, Wisnu (2012) Perancangan Cinematic Dalam Game Tiga Dimensi "Dewaruci". Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
Full Teks.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (118MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (10MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (3MB)
Official URL: https://lib.isi.ac.id

Abstract

Permasalahan di identifikasi ketika penulis melihat perkembangan dua produk budaya yang merepresentasikan zamannya, dalam hal ini budaya dari masa lampau yang diwakili oleh wayang, dengan budaya baru yaitu animasi dan game. Wayang merupakan budaya klasik Jawa. Pada dekade ini (tahun 2000), terdapat beberapa inovasi dalam cara penyampaian wayang, misalnya penyisipan flash back serta inovasi peralatan elektronik dalam pagelaran wayang oleh dalang Ki Manteb, serta visualisasi wayang ukur oleh Sukasman. Tetapi, perubahan tersebut masih dalam kuantitas rendah Sedangkan dalam game dan animasi, yang notabene hasil dari transformasi teknologi yang menjadi budaya pop, dia terus mengalami perubahan baik dalam konsep (storytelling, cara penyampaian) dan media fisiknya. Tanpa dipungkiri, fakta yang terjadi menunjukkan tingkat apresiasi yang rendah oleh masyakat Indonesia sendiri, terutama generasi muda, pada budaya lokal (wayang) saat disandingkan oleh budaya baru Dari hal tersebut, bingkai perancangan ini dibangun Cinematic game merupakan suatu media berwujud video pendek yang disisipkan dalam game. Video tersebut berfungsi sebagai opening intro dan atau media informasi non-interaktif untuk menambah pemahaman player terhadap alur cerita game. Content cerita dari cinematic dalam perancangan ini diambil dari kisah pewayangan "Dewaruci" Cinematic game "Dewaruci" mengangkat karakter Bima sebagai tokoh utama yang menjadi point penting dalam membawa player mengikuti jalur cerita.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Wijaya, Wisnunim0611532024
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDAgung S, Arifnip196711161993031001
UNSPECIFIEDRahman, M. Faizalnip197802212005011002
Department: KODEPRODI#90241#DESAIN KOMUNIKASI VISUAL
Uncontrolled Keywords: Cinematic Game, budaya lokal
Subjects: Disain > Disain Komunikasi Visual
Divisions: Fakultas Seni Rupa > Jurusan Disain > Disain Komunikasi Visual
Depositing User: Bandono BD Bandono
Date Deposited: 15 Aug 2024 08:15
Last Modified: 15 Aug 2024 08:15
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/17978

Actions (login required)

View Item View Item