Perancangan landmark & sistem informasivisual "Museum Satwa" Batu Jawa Timur

Chandra Halim, Erol (2012) Perancangan landmark & sistem informasivisual "Museum Satwa" Batu Jawa Timur. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
Full Teks.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (61MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (10MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://lib.isi.ac.id

Abstract

Museum pada saat ini masih menempati urutan terbawah dalam daftar kunjungan rekreasi maupun edukasi hingga akhir tahun 2010. Data ini di ambil dari daftar kunjungan objek wisata edukasi di departemen pendidikan dan kebudayaan RI tahun 2010. Seiring semakin menjamurnya berbagai media yang memudahkan kita untuk memeperoleh wawasan atau berbagai data yang mudah kita dapatkan tanpa harus observasi langsung ke area tersebut, antara lain semakin banyaknya layanan internet, berbagai macam buku, dan semakin banyak dan berkembangnya tempat- tempat hiburan, hal ini akan semakin menggeser museum sebagai tempat rekreasi dan edukasi yang sangat banyak menyimpan nilai-nilai historis yang baik bagi kita guna kemajuan ilmu pengetahuan Dari adanya hal di atas, kota Batu Jatim beserta investor berinisiatif membangun sebuah Museum yang dikemas dan disuguhkan secara apik dan modern guna mengurangi tingkat kejenuhan terhadap kunjungan museum baik bagi pelajar kaum akademik maupun keluarga, area ini bernama Museum Satwa, yang di mana di dalamnya mengoleksi dan mengkonservasi berbagi macam binatang dan fosil binatang dan berbagai daerah di dunia guna kepentingan studi pendidikan dan rekreasi Untuk itu diperlukan sebuah landmark guna menambah image dan pesona kota Batu sebagai ikon kota pariwisata & edukasi di Jawa Timur, tidak cukup hanya itu saja tapi juga di perlukan suatu sistem informası visual yang memadai guna menunjang informasi yang akurat bagi para pengunjung untuk mengetahui secara detail baik mengenai lokasi maupun info tentang seluk beluk objek yang bersangkutan, landmark & sistem informasi visual itu sendiri juga merupakan suatu cara atau suatu hal yang memungkinkan suatu tempat atau wilayah di kenal dan dibedakan dan tempat-tempat yang lain. Sistem Informasi Visual suatu tempat atau wilayah tersebut harus diciptakan melalui suatu perancangan desain khusus yang meliputi segala hal khas/unik berkenaan dengan tempat yang bersangkutan secara fisik Sistem Informası Visual juga dapat di katakan sebagai identitas dan sebuah titik informasi dari segalanya yang mencerminkan prinsip dari perilaku setiap tempat wilayah serta menggambarkan bagaimana daerah tersebut ingin berjalan dan berkembang dan juga di lihat oleh masyarakat bahkan dunia ide dan gagasan mengenai bentuk Landmark & sign system yang baru di Museum Satwa Kota Batu Jawa Timur, dalam perancangan ini adalah akan mengadopsi bentuk dasar dari ikon Museum Satwa dan area yang menjadi objek unggulan seperti area fosil dinosaurus dan arsitektur yang bergaya desain Romawi dan Mediteranian yang diterapkan sebagai bentuk bangunan sebagai penciptaan Landmark dan bentuk fisik sign yang dipadukan dengan unsur-unsur satwa atau fosil.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Chandra Halim, Erolnim0811808024
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDHadi, Umarnip195808241985031001
UNSPECIFIEDTri Susanto, Endronip196409211994031001
Department: KODEPRODI90241#DISAINKOMUNIKASIVISUAL
Uncontrolled Keywords: perancangan, Landmark, sign system', museum, hewan/satwa, fosil, kontruksi.
Subjects: Disain > Disain Komunikasi Visual
Divisions: Fakultas Seni Rupa > Jurusan Disain > Disain Komunikasi Visual
Depositing User: Bandono BD Bandono
Date Deposited: 15 Aug 2024 12:55
Last Modified: 15 Aug 2024 12:55
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/17991

Actions (login required)

View Item View Item