Analisis Koreografi Tari Topeng Tunggal Karya Mak Kinang Dan Kong Djiun Di Sanggar Ratnasari Ciracas, Jakarta Timur

Shilva Sajidah, Putri (2024) Analisis Koreografi Tari Topeng Tunggal Karya Mak Kinang Dan Kong Djiun Di Sanggar Ratnasari Ciracas, Jakarta Timur. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
PUTRI SHILVA SAJIDAH_2024_FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
PUTRI SHILVA SAJIDAH_2024_BAB1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
PUTRI SHILVA SAJIDAH_2024_BAB PENUTUP.pdf

Download (650kB)
[img] Text
PUTRI SHILVA SAJIDAH_2024_PERNYATAAN PERSETUJUAN-PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (169kB) | Request a copy
Official URL: https://lib.isi.ac.id/

Abstract

Tari Topeng Tunggal adalah sebuah tarian khas Betawi yang diciptakan oleh Mak Kinang dan Kong Djiun pada tahun 1930an. Sesuai dengan judulnya, Tari Topeng Tunggal ditarikan secara tunggal oleh penari perempuan. Tari Topeng Tunggal memiliki sajian koreografi yang unik dari segi properti dengan menggunakan tiga properti topeng yang berbeda. Keunikan tersebut menjadi alasan utama dipilihnya tarian ini dengan mengkaji koreografi Tari Topeng Tunggal dari aspek bentuk, teknik, dan isi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif berjenis deskriptif analisis. Penelitian ini menggunakan pendekatan koreografi yang berlandaskan buku karangan Y. Sumandiyo Hadi yang berjudul “Koreografi (Bentuk-Teknik-Isi)”. Pendekatan koreografi merupakan sebuah pemahaman melihat atau mengamati sebuah tarian yang dapat dilakukan dengan menganalisis konsep-konsep “isi”, “bentuk” dan “tekniknya”. Meskipun berbeda, ketiga konsep koreografi ini pada dasarnya merupakan satu kesatuan bentuk tari. Pengumpulan data yang diambil melalui metode observasi langsung yakni wawancara yang berlangsung di Sanggar Ratnasari sebagai sumber data primer dengan lampiran dokumentasinya dan studi pustaka sebagai sumber data sekunder. Hasil Penelitian ini adalah analisis terhadap koreografi Tari Topeng Tunggal yang meliputi aspek bentuk, teknik, isi, serta analisis gerak Tari Topeng Tunggal meliputi aspek tenaga, ruang, dan waktu. Hasil analisis koreografi Tari Topeng Tunggal menunjukan tarian ini secara umum terdiri dari 3 bagian yaitu Panji, Samba dan Jingga. Tari Topeng Tunggal memiliki 18 kalimat gerak dan 20 frase dengan jumlah keseluruhan motif yaitu sebanyak 117 motif. Ragam gerak pada tarian ini mengacu pada gerak dasar Betawi. Secara umum transisi gerak pada tari Topeng Tunggal sangat sederhana yang didominasi oleh motif gerak koma, sedangkan repetisi pada tarian ini selalu ada pada setiap bagian terutama bagian Samba dan Jingga. Penelitian ini juga berhasil menguraikan elemen-elemen pada koreografi Tari Topeng Tunggal seperti pola lantai, iringan tari, tata rias busana, properti, hingga pola lantai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Shilva Sajidah, Putrinim2011895011
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorAstuti, Budinidn0030126110
ContractorPrakasiwi, Galihnidn0003059209
Department: KODEPRODI91231#TARI
Uncontrolled Keywords: Tari Topeng Tunggal, Analisis Koreografi, Motif Gerak, Sanggar Ratnasari.
Subjects: Tari > Pengkajian Tari
Tata kelola seni
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Tari > Seni Tari (Pengkajian)
Depositing User: Putri Shilva Sajidah
Date Deposited: 19 Aug 2024 01:30
Last Modified: 19 Aug 2024 01:30
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/18083

Actions (login required)

View Item View Item