Kajian Semiotika Iklan Pemenang Cannes Lions International Advertising Festival Versi Print ADS Tahun 2013

Rahandono, Ikhsan (2014) Kajian Semiotika Iklan Pemenang Cannes Lions International Advertising Festival Versi Print ADS Tahun 2013. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
Full Teks.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (77MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (8MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

Lions International Advertising Festival versi Print Ads tahun 2013" ini berusaha mengetahui makna konotasi yang muncul pada iklan pemenang Cannes Lions International Advertising pada media print ads, ditinjau dari perspektif semiotika komunikasi visual. Pencarian makna konotasi menggunakan teori semiotika Ferdinand de Saussure, Charles Sanders Pierce dan Roland Barthes. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Metode ini digunakan karena dilandasi pada karakter analisis yang lebih mementingkan makna, tidak ditentukan oleh kuantitasnya. Selain itu metode kualitatif mempunyai tujuan menjelaskan, Penelitian ini diharapkan mampu memberikan kontribusi dalam memaknai karya Desain Komunikasi Visual melalui semiotika. Sehingga, kelak mahasiswa Desain Komunikasi Visual (sebagai produsen tanda) mampu menerapkan semiotika ke dalam perancangan karya Berdasarkan pengamatan beberapa sampel iklan Pemenang Cannes Lions International Advertising Festival versi Print Ads tahun 2013 memiliki kecenderungan dekonstruksi, unsur plesetan, ironi, dan hal-hal yang bersifat lucu. Kecenderungan tersebut merupakan bagian dari diskursus Post-modernisme yang mempunyai ciri tanda bersifat labil dan memiliki kandungan isi yang bersifat majemuk. Post-modern memegang prinsip form follows fun, Peran semiotika yang selalu mengedepankan hubungan teks, konteks, dan kontekstualisasi untuk mendapatkan pluralitas makna

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Rahandono, Ikhsannim1112198024
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorTinarbuko, Sumbonidn0001046616
ContributorRahayu, Hestinidn0030077401
Department: KODEPRODI90241#DISAIN KOMUNIKASI VISUAL
Uncontrolled Keywords: Semiotika, iklan, tanda, makna, konotasi, Cannes Lions International Advertising Festival. Print Ads
Subjects: Disain > Disain Komunikasi Visual
Divisions: Fakultas Seni Rupa > Jurusan Disain > Disain Komunikasi Visual
Depositing User: Bandono BD Bandono
Date Deposited: 17 Aug 2024 11:02
Last Modified: 30 Aug 2024 04:21
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/18088

Actions (login required)

View Item View Item