Rahandono, Ikhsan (2014) Kajian Semiotika Iklan Pemenang Cannes Lions International Advertising Festival Versi Print ADS Tahun 2013. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
Text
Full Teks.pdf Restricted to Repository staff only Download (77MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (8MB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (1MB) |
Abstract
Lions International Advertising Festival versi Print Ads tahun 2013" ini berusaha mengetahui makna konotasi yang muncul pada iklan pemenang Cannes Lions International Advertising pada media print ads, ditinjau dari perspektif semiotika komunikasi visual. Pencarian makna konotasi menggunakan teori semiotika Ferdinand de Saussure, Charles Sanders Pierce dan Roland Barthes. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Metode ini digunakan karena dilandasi pada karakter analisis yang lebih mementingkan makna, tidak ditentukan oleh kuantitasnya. Selain itu metode kualitatif mempunyai tujuan menjelaskan, Penelitian ini diharapkan mampu memberikan kontribusi dalam memaknai karya Desain Komunikasi Visual melalui semiotika. Sehingga, kelak mahasiswa Desain Komunikasi Visual (sebagai produsen tanda) mampu menerapkan semiotika ke dalam perancangan karya Berdasarkan pengamatan beberapa sampel iklan Pemenang Cannes Lions International Advertising Festival versi Print Ads tahun 2013 memiliki kecenderungan dekonstruksi, unsur plesetan, ironi, dan hal-hal yang bersifat lucu. Kecenderungan tersebut merupakan bagian dari diskursus Post-modernisme yang mempunyai ciri tanda bersifat labil dan memiliki kandungan isi yang bersifat majemuk. Post-modern memegang prinsip form follows fun, Peran semiotika yang selalu mengedepankan hubungan teks, konteks, dan kontekstualisasi untuk mendapatkan pluralitas makna
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Department: | KODEPRODI90241#DISAIN KOMUNIKASI VISUAL | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Semiotika, iklan, tanda, makna, konotasi, Cannes Lions International Advertising Festival. Print Ads | |||||||||
Subjects: | Disain > Disain Komunikasi Visual | |||||||||
Divisions: | Fakultas Seni Rupa > Jurusan Disain > Disain Komunikasi Visual | |||||||||
Depositing User: | Bandono BD Bandono | |||||||||
Date Deposited: | 17 Aug 2024 11:02 | |||||||||
Last Modified: | 30 Aug 2024 04:21 | |||||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/18088 |
Actions (login required)
View Item |