Perancangan Concept Art Book untuk Role Playing Game: War of Tribes

Elia Fanggidae, Stormy (2014) Perancangan Concept Art Book untuk Role Playing Game: War of Tribes. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Full Teks.pdf

Download (129MB)
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

Globalisasi membawa banyak perubahan bagi bangsa Indonesia, khususnya bagi generasi muda. Dengan banyaknya kebudayaan asing yang masuk, muda-mudi sangat mudah berpaling kepada hal-hal yang baru dan modern, sehingga kebudayaan Indonesia sendiri memudar. Budaya Indonesia haruslah dilestarikan, agar tetap dapat dinikmati oleh generasi selanjutnya. Video game adalah salah satu media terbaik yang dipilih oleh Telasoft sebagai developer game internasional untuk dapat mengenalkan budaya dan sejarah Sumba pada pemain game dalam dan luar negeri, karena mudah digeruari dan dapat menyentuh seluruh lapisan masyarakat. Concept art book Marapu: War of Tribes odalah kampulan dari proses perancangan video game berjenis Role Playing Game untuk Personal Computer yang berisi konten budaya marapu, yang adalah kearifan lokal dari Sumba Timur, NTT yang diadaptasi dalam bentuk senjata, motif pakaian, makhluk dalam legenda Sumba, arsitektural dan lingkungan Sumba Perancangan dimulai dengan pengumpulan data dan teori terkait dengan perancangan, meliputi toon concept art book, data tentang Sumba dan marapu, teori gaya dan teknik ilustrasi, icori tentang game, teori tentang buku, dan teori tentang cerita rakyat yang diperoleh melalui stadi pustaka, data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik SWOT yang menganalisa permasalahan dengan meninjau Strength (kekuatan). Weakness (kelemahan). Opportunity (kesempatan) dan Threat fancaman). Concept art hook mi mengangkat karakter dari cerita rakyat, mitos, dongeng dan legenda yang ada di Sumba, dan mengadaptasi elemen clemen ini dengan menarik, sesuai dengan selera target usia 15 tahun keatas dan berintegrasi dengan teori dan data yang sudah dikumpulkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Elia Fanggidae, Stormynim0911867024
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorHaryanto, Andinidn0025118007
ContributorWidowati, Heningtyasnip197701242002122002
Department: KODEPRODI90241#DISAIN KOMUNIKASI VISUAL
Uncontrolled Keywords: concept art book, ilustrasi, Merapi, Sumba, video game
Subjects: Disain > Disain Komunikasi Visual
Divisions: Fakultas Seni Rupa > Jurusan Disain > Disain Komunikasi Visual
Depositing User: Bandono BD Bandono
Date Deposited: 17 Aug 2024 12:22
Last Modified: 30 Aug 2024 04:23
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/18091

Actions (login required)

View Item View Item