Gevi Noviyanti, 1210434015 (2016) GAMELAN SEKATEN DALAM RITUS MASYARAKAT TRUSMI CIREBON. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
|
Text
BAB I.pdf Download (986kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (952kB) | Request a copy |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
||
|
Text
BAB IV.pdf Download (753kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
||
|
Text
JURNAL_GAMELAN SEKATEN DALAM RITUS MASYARAKAT TRUSMI CIREBON_GEVI NOVIYANTI.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Archive
GAMELAN SEKATEN DALAM RITUS MASYARAKAT TRUSMI.zip Restricted to Repository staff only Download (830MB) | Request a copy |
Abstract
Kota yang menjadi bagian dari jalur sutra perdagangan di tanah Jawa, menjadikan banyak pendatang yang hijrah ke Cirebon untuk menjalani usaha dan juga menetap dengan kurun waktu yang lama. Difusi budaya pun berkembang dan saling bersinggungan satu sama lain, tetapi tidak saling tumpang tindih antara satu budaya dengan budaya lainnya. Perpaduan budaya inilah yang menjadikan Cirebon mempunyai kebudayaan yang khas. Tergambar jelas pada berbagai macam kesenian yang berkembang di kota tersebut. Di tengah arus mobilitas masyarakat Cirebon yang tinggi, Gamelan Sekaten masih terdengar gaungnya walaupun hanya sebagian masyarakat yang mengetahui. Hadirnya kesenian tersebut melahirkan sebuah fenomena masyarakat yang mempunyai cara-caranya tersendiri untuk mempercayai hal tersebut, salah satunya masyarakat Desa Trusmi yang selalu hadir ketika gamelan ini pertama kali dibunyikan. Mereka rela untuk berjalan kaki selama berjam-jam demi melaksanakan sebuah tradisi yang diwariskan oleh para leluhur. Pihak keraton yang begitu konservatif, membuat gamelan ini masih terawat dengan baik dari segi fisik instrumennya maupun regenerasi para penabuhnya. Sosok kharismatik seorang Sunan Gunung Jati menjadikan Gamelan Sekaten mempunyai kekuatan histori yang membekas pada masyarakat Cirebon khususnya masyarakat Trusmi. Selain itu, mitos-mitos yang melingkupi Gamelan Sekaten menjadikan daya tarik tersendiri bagi masyarakat yang mempercayainya.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||
---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||
Department: | Program studi Etnomusikologi Jurusan Etnomusikologi Fakultas Seni Pertunjukan Institut Seni Indonesia Yogyakarta | ||||
Additional Information : | 1. Ela Yulaeliyah 2. Amir Razak | ||||
Uncontrolled Keywords: | Gamelan Sekaten, Ritual, Trusmi. | ||||
Subjects: | Etnomusikologi | ||||
Divisions: | Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Etnomusikologi | ||||
Depositing User: | sri SE endarti | ||||
Date Deposited: | 09 Jun 2017 03:09 | ||||
Last Modified: | 09 Jun 2017 03:09 | ||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/1827 |
Actions (login required)
View Item |