Hariz Irfan Saniy, 0911889024 (2016) PERANCANGAN KOMIK WISATA KULINER PADA UNCONVENTIONAL MEDIA UNTUK MERDESA RESTO YOGYAKARTA. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
|
Text
BAB I.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (11MB) | Request a copy |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (947kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (581kB) | Request a copy |
||
Text
KARYA.pdf Restricted to Repository staff only Download (109MB) | Request a copy |
||
|
Text
Jurnal.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Daerah Istimewa Yogyakarta atau Jogja, dengan predikatnya sebagai Kota Budaya, Kota Pelajar dan Kota Wisata, mempunyai daya tarik tersendiri sebagai tujuan destinasi. Para pendatang pun turut menambah hiruk-pikuk nya Jogja, baik itu untuk menimba ilmu atau sekedar berwisata.Julukan Kota Pelajar terbukti dengan banyaknya sekolah-sekolah maupun perguruan tinggi yang tersebardimana tiap tahunya dapat menyedot anak didik baru dari berbagai daerah, faktor ini menjadikan Jogja banyak dihuni oleh anak muda. Sedangkan dalam hal pariwisata, banyak objek menarik yang tersebar di lima wilayahnya, baik itu wisata budaya, wisata alam, dan juga tak ketinggalan wisata kuliner, karena kuliner tak bisa dipisahkan dari kegiatan wisata. Karena makan merupakan kebutuhan pokok manusia, maka hal ini merupakan peluang untuk membuka usaha dibidang kuliner. Ada sebuah tempat makan baru di Jogja selatan bernama Merdesa Resto. Tempat makan ini menyajikan hidangan Halal dengan konsep masakan Java-Nusantara &Asian Fusion Cuisine. Image yang ingin ditampilkan di masyarakat adalah sesuatu yangber-tradisi, dengan mengangkat Budaya Kuliner Nusantara. Karena tempat ini masih baru, maka dalam strategi pemasaranya sangat diperlukan promosi beserta media pendukungnya. Hal ini guna menginformasikanya kepada masyarakat serta menarik minat. Berangkat dari permasalahan tersebut maka dibuatlah komik strip dengan tema Wisata Kuliner yang diaplikasikan pada unconventional media dan diarahkan sebagai cinderamata sekaligus menjadi media pendukung promosi untuk Merdesa Resto. Selain itu, dalam versi digital komik ini nantinya juga akan dipublikasikan secara viral melalui media sosial di internet untuk menarik minat masyarakat. Membidik anak muda yang dekat dengan internet sebagai target audience nya, Komik dianggap mempunyai kekuatan tersendiri dalam menyampaikan pesan, dan komik yang berjenis strip mampu merangkum sebuah pembahasan dalam satu seri dengan sekali baca. Dengan perancangan Komik strip ini diharapkan dapat menyajikan sebuah hiburan yang didalamnya terdapat pengetahuan tentang Budaya Kuliner Nusantara guna menambah wawasan dan juga sebagai media pendukung promosi dari Merdesa Resto dengan menciptakan USP (Unique Position Seling).
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||
---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||
Department: | Program Studi Desain Komunikasi Visual Fakultas Seni Rupa Institut Seni Indonesia Yogyakarta | ||||
Additional Information : | 1. Baskoro S.B 2. Asnar Zacky | ||||
Uncontrolled Keywords: | Komik strip, Unconventional media, Budaya Kuliner Nusantara | ||||
Subjects: | Disain > Disain Komunikasi Visual | ||||
Divisions: | Fakultas Seni Rupa > Jurusan Disain > Disain Komunikasi Visual | ||||
Depositing User: | sri SE endarti | ||||
Date Deposited: | 13 Jun 2017 05:14 | ||||
Last Modified: | 13 Jun 2017 05:14 | ||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/1864 |
Actions (login required)
View Item |