Putri Palupi, Daradasih (2025) Perancangan Media Edukasi Mengenai Pengaruh Kondisi Learned Helplessness Terhadap Kehidupan Akademik Mahasiswa Desain. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
![]() |
Text
Daradasih Putri Palupi_2025_FULL TEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (18MB) | Request a copy |
![]() |
Text
Daradasih Putri Palupi_2025_Bab I.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
Daradasih Putri Palupi_2025_Bab V.pdf Download (494kB) |
![]() |
Image
Daradasih Putri Palupi_2025_Karya Tugas Akhir.pdf Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (29MB) | Request a copy |
![]() |
Text
Daradasih Putri Palupi_2025_Lembar Persetujuan Publikasi Karya.pdf Restricted to Repository staff only Download (427kB) | Request a copy |
![]() |
Text
FORM PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI_Daradasih Putri Palupi.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Mahasiswa desain memiliki tantangan unik dalam bidang akademiknya yang terletak pada tuntutan pemecahan masalah secara kreatif. Di samping itu, fase kehidupan pada tingkat pendidikan tinggi menawarkan berbagai tantangan dan tanggung jawab baru, sehingga menjadi faktor pemicu stres yang besar bagi dewasa muda yang meniti pendidikan desain. Dalam proses belajar, kegagalan menjadi hal wajar yang sering dihadapi, terutama ketika berhadapan dengan tantangan dan stres. Mekanisme koping berperan penting bagi setiap individu untuk menavigasi masalah tersebut. Namun bila mahasiswa desain gagal menerapkan koping yang efektif, kegagalan yang berulang dapat menyebabkan kondisi learned helplessness atau ketidakberdayaan yang dipelajari. Ketidakberdayaan yang dipelajari adalah kondisi psikologis di mana seseorang merasa tidak memiliki kemampuan untuk menyelesaikan masalah, yang menyebabkan mereka menjadi pasif, tidak mau berusaha, dan menghindar dari permasalahan. Pada mahasiswa desain, learned helplessness menentang objektif pembelajarannya, di mana desainer harus mampu memecahkan permasalahan secara kreatif, serta dapat berkembang menjadi kondisi yang lebih serius, seperti depresi dan gangguan kecemasan. Lewat pengumpulan data, diperoleh hasil bahwa kesadaran mahasiswa desain terhadap kondisi ini masih rendah, meskipun 96.2% pernah merasakan perasaan ketidakberdayaan. Berangkat dari permasalahan itu, perancangan media edukasi mengenai pengaruh kondisi ketidakberdayaan terhadap kehidupan akademik mahasiswa desain diwujudkan dengan memproduksi buku berjudul ‘Hhh… I’m a Designer?’ yang disajikan dengan pendekatan visual yang relevan dengan mahasiswa desain, menggunakan warna-warna cerah, ilustrasi digital simbolis, dan elemen organik untuk mendukung pemahaman substansi secara menarik. Perancangan ini berperan sebagai langkah awal untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman tentang kondisi ketidakberdayaan yang dipelajari di kalangan mahasiswa desain, menekankan perlunya upaya lebih lanjut untuk menyediakan pendekatan yang lebih terarah dan berorientasi pada solusi di masa mendatang.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Department: | KODEPRODI90241#DESAIN KOMUNIKASI VISUAL | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | learned helplessness, ketidakberdayaan yang dipelajari, mahasiswa desain, kehidupan akademik, mekanisme koping, media edukasi. | |||||||||
Subjects: | Disain > Disain Komunikasi Visual | |||||||||
Divisions: | Fakultas Seni Rupa > Jurusan Disain > Disain Komunikasi Visual | |||||||||
Depositing User: | DARADASIH PUTRI PALUPI | |||||||||
Date Deposited: | 30 Jan 2025 03:18 | |||||||||
Last Modified: | 30 Jan 2025 04:49 | |||||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/19066 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |