Perancangan Komik Digital Pengenalan Nilai-Nilai Dalam Permainan Tradisional Terhadap Anak-Anak

Cahya Verdian, Stefanus (2025) Perancangan Komik Digital Pengenalan Nilai-Nilai Dalam Permainan Tradisional Terhadap Anak-Anak. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
STEFANUS CAHYA VERDIAN_2025_FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (72MB) | Request a copy
[img] Text
STEFANUS CAHYA VERDIAN_2025_BAB 1.pdf

Download (3MB)
[img] Text
STEFANUS CAHYA VERDIAN_2025_BAB 5.pdf

Download (1MB)
[img] Image
STEFANUS CAHYA VERDIAN_2025_KARYA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (25MB) | Request a copy
[img] Text
FORM-PERNYATAAN-PERSETUJUAN-PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (286kB) | Request a copy
Official URL: https://karyakarsa.com/joie/tu-wa-ga-seusai-bermai...

Abstract

Permainan tradisional merupakan jenis permainan yang menyebar dan diwarisi secara turun-temurun. Namun pada era modern ini, permainan tradisional mulai ditinggalkan dikarenakan pandemi covid-19 dan hadirnya gadget serta hiburan digital seperti game online dan hiburan lainnya yang lebih diminati oleh anak khususnya Gen Z dan Alpha. Permainan tradisional sendiri memiliki banyak nilai dan berguna untuk membantu pertumbuhan anak, mulai dari perkembangan jasmani, moral, emosional, sampai sosial anak, di mana hal-hal tersebut dibutuhkan oleh anak. Melalui metode analisis 5W+1H, komik digital sebagai media diharapkan dapat membuat anak menjadi lebih tertarik untuk mengetahui nilai-nilai permainan tradisional. Komik adalah sebuah media penyampaian informasi visual yang menggabungkan teks dan gambar. Informasi pada komik lebih mudah diserap karena penyampaiannya dibantu dengan gambar. Selain itu, informasi pada komik dapat diolah menjadi sebuah cerita dengan berbagai genre dan membuatnya menjadi lebih menarik untuk dibaca. Komik pada perancangan ini akan mengangkat permainan galasin, bentengan, dan lompat karet. Nilai-nilai dari permainan tersebut akan digambarkan melalui hasil refleksi dari rintangan yang dihadapi tokoh saat bermain dengan rintangan yang terjadi di kehidupan sehari-harinya. Hasil dari uji pembaca pada perancangan ini menunjukkan bahwa pembaca anak-anak menyukai serta dapat memahami tema dan cerita yang diangkat. Selain itu juga terdapat pembaca umum yang menganggap komik pada perancangan ini cukup relevan, baik terhadap masa kecil mereka maupun anak-anak sekarang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Cahya Verdian, Stefanusnim1912569024
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorBajraghosa, Terranidn0012048103
ContributorWidyatmoko, FXnidn0010077504
Department: KODEPRODI90241#DESAIN KOMUNIKASI VISUAL
Uncontrolled Keywords: Anak, gen Z, gen Alpha, nilai, gadget, permainan tradisional, komik digital.
Subjects: Disain > Disain Komunikasi Visual
Divisions: Fakultas Seni Rupa > Jurusan Disain > Disain Komunikasi Visual
Depositing User: Stefanus Cahya Verdian
Date Deposited: 24 Jan 2025 01:57
Last Modified: 24 Jan 2025 01:57
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/19095

Actions (login required)

View Item View Item