Perancangan Iklan Digital Tahap Retentif pada Novel Aroma Karsa Karya Dee Lestari

Yemima Pratiwi, Viona (2025) Perancangan Iklan Digital Tahap Retentif pada Novel Aroma Karsa Karya Dee Lestari. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
VIONA YEMIMA PRATIWI_2025_FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15MB) | Request a copy
[img] Text
VIONA YEMIMA PRATIWI_2025_BAB I.pdf

Download (873kB)
[img] Text
VIONA YEMIMA PRATIWI_2025_BAB V.pdf

Download (318kB)
[img] Video
VIONA YEMIMA PRATIWI_2025_KARYA.MP4
Restricted to Repository staff only

Download (33MB) | Request a copy
[img] Text
VIONA YEMIMA PRATIWI_2025_PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (237kB) | Request a copy
Official URL: https://lib.isi.ac.id

Abstract

Aroma Karsa adalah sebuah novel karya Dee Lestari yang terbit pada tahun 2018. Novel yang meraih IKAPI Awards dalam kategori “Book of the Year” ini menceritakan tentang sosok Jati Wesi, seorang pemuda yang tumbuh besar di TPA Bantar Gebang dan kemampuan penciumannya yang melampaui manusia biasa. Lewat Kemampuannya ini ia akhirnya bersinggungan dengan Raras Prayagung, pemilik perusahaan kosmetik terbesar di Indonesia bernama Kemara serta anak angkatnya yang bernama Tanaya Suma. Enam tahun berlalu, Aroma Karsa terus menjadi perbincangan hangat. Puncaknya pada pertengahan tahun 2024, Aroma Karsa kembali hadir dalam format ebook di aplikasi Rakata dan Google Play Books. Kehadirannya disambut baik oleh mereka yang sudah lama ingin membaca novel ini dengan praktis dan harga yang lebih terjangkau. Untuk itu, perancangan iklan digital tahap retentif pada novel Aroma Karsa dilakukan. Selain untuk meresponi ramainya pembicaraan tentang Aroma Karsa di kanal internet, tapi juga untuk mempromosikan ebook Aroma Karsa yang kembali rilis di pasaran. Iklan digital tahap retentif pada novel ini dilakukan dengan cara merancang motion comic trailer berdurasi 2 menit 58 detik dalam format video singkat (reels). Trailer ini dibuat dengan tujuan menuangkan cuplikan isi cerita dengan visual yang lebih segar agar dapat menggiring calon pembaca melakukan pembelian pada novel Aroma Karsa versi digital serta menyediakan ruang diskusi bagi penggemar Aroma Karsa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Yemima Pratiwi, Vionanim1912611024
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorKarnadi, Hartononidn0009026502
ContributorAyu Dewantari, Alitnidn0013068909
Department: KODEPRODI90241#DESAIN KOMUNIKASI VISUAL
Uncontrolled Keywords: iklan, novel, ebook, trailer
Subjects: Disain > Disain Komunikasi Visual
Divisions: Fakultas Seni Rupa > Jurusan Disain > Disain Komunikasi Visual
Depositing User: Viona Yemima Pratiwi
Date Deposited: 30 Jan 2025 02:06
Last Modified: 30 Jan 2025 02:06
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/19131

Actions (login required)

View Item View Item