Representasi Perjalanan Bima Mencari Guru Sejati Dalam Karya Wayang Kayu

Ardi Pranata, Ilham (2025) Representasi Perjalanan Bima Mencari Guru Sejati Dalam Karya Wayang Kayu. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
Ilham Ardi Pranata_2025_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
Ilham Ardi Pranata_2025_PERNYATAAN PERSETUJUAN-PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
Ilham Ardi Pranata_2025_FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy
[img] Text
Mickhael Aleyaju_2025_BAB 1.pdf

Download (599kB)
[img] Text
Ilham Ardi Pranata_2025_BAB V PENUTUP.pdf

Download (2MB)
Official URL: https://lib.isi.ac.id/

Abstract

Penciptaan karya wayang kayu dengan judul Representasi Perjalanan Bima Mencari Guru Sejati dalam Karya Wayang Kayu ini diambil dari salah satu cerita dalam pertunjukan wayang kulit dengan lakon “Sang Guru Sejati” atau lakon “Dewa Ruci”, dalam lakon ini dikisahkan Bima ingin menyempurnakan ilmunya, dalam istilah Jawa disebut Sangkan Paraning Dumadi, merupakan ajaran filsafat Jawa yang mengingatkan manusia tentang asal-usul dan tujuan akhir kehidupan. Penciptaan karya tugas akhir ini menggunakan metode pendekatan estetika oleh A.A.M Djelantik. Sedangkan metode penciptaan karya menggunakan metode tiga-tahap enam-langkah dari SP. Gustami, teori ini digunakan sebagai acuan dalam membuat karya. Karya yang diciptakan adalah karya wayang kayu, proses pembuatan karya terdiri dari proses pembuatan desain, perwujudan, finishing, dan evaluasi. Proses eksplorasi, penyesuaian antara cerita dan rasa, dilakukan agar dapat memberikan spirit dan ruh agar karya tersebut mampu membangkitkan inspirasi dan semangat serta dapat menyampaikan pesan moral kepada orang lain yang melihatnya. Dengan mempertimbangkan konsep dari alur cerita, terciptalah 6 tokoh wayang dengan mengangkat Bima sebagai tokoh utamanya, yang dikemas dalam tiga adegan. Karya yang diciptakan menghasilkan karakter baru dalam karya wayang kayu dengan memadukan ukiran kayu dengan ornamen ukiran dari logam. Karya wayang kayu yang dihasilkan, yaitu berjudul (1) “Nggayuh Kayu Gung Susuhing Angin”, (2) “Nggayuh Tirta Pawitra Mahening Suci”, (3) “Sang Guru Sejati”. Dalam karya ini merepresentasikan bagaimana proses yang harus dihadapi Bima untuk menemukan sang guru sejati.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Ardi Pranata, Ilhamnim2012244022
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorSumino, Suminonidn0015066706
ContributorAruman, Arumannidn0018107706
Department: KODEPRODI90617#KRIYA
Uncontrolled Keywords: Bima, Guru Sejati, Wayang Kayu, Dewa Ruci, Sangkan Paraning Dumadi
Subjects: Kriya > Kriya Kayu
Divisions: Fakultas Seni Rupa > Jurusan Kriya > Kriya Kayu
Depositing User: Ilham Ardi Pranata
Date Deposited: 03 Feb 2025 01:50
Last Modified: 03 Feb 2025 06:23
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/19282

Actions (login required)

View Item View Item