Lemuel, Sherafinna (2025) Visualisasi Bahasa Kasih dalam Karya Kriya. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
![]() |
Text
SHERAFINNA LEMUEL_2025_FULL TEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (12MB) | Request a copy |
![]() |
Text
SHERAFINNA LEMUEL_2025_BAB I.pdf Download (661kB) |
![]() |
Text
SHERAFINNA LEMUEL_2025_BAB V.pdf Download (254kB) |
![]() |
Text
SHERAFINNA LEMUEL_2025_PERNYATAAN PERSETUJUAN-PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (177kB) | Request a copy |
![]() |
Slideshow
SHERAFINNA LEMUEL_2025_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (94MB) | Request a copy |
![]() |
Video (Video Karya Tugas Akhir Visualisasi Bahasa Kasih dalam Karya Kriya oleh Sherafinna Lemuel)
watch_v=FtGd5U81cy0&feature=youtu.be Restricted to Repository staff only Download (841kB) | Request a copy |
![]() |
Video
sh: 1: /usr/bin/youtube-dl: not found Download (0B) |
Abstract
Manusia adalah mahkluk sosial, kalimat yang tentu tidak lagi asing bagi banyak orang. Namun, banyak orang tidak menyadari interaksi antarindividu juga perlu melibatkan rasa kasih dengan cara yang beragam. Banyak orang tidak mengetahui akan hakikat kita sebagai mahkluk sosial membutuhkan rasa aman dan nyaman dari kasih sayang. Dr. Gary Chapman mengeluarkan teori mengenai adanya bahasa kasih pada tahun 1992. Ia berpendapat bahwa di dunia ini terdapat lima bahasa kasih yang diantaranya adalah kata-kata penegasan (words of affirmation), waktu berkualitas (quality time), menerima hadiah (receiving gifts), tindakan melayani (act of service), dan sentuhan fisik (physical touch). Chapman berpendapat bahwa setiap orang mempunyai bahasa kasih yang utama. Pada laporan ini, penulis ingin menyampaikan konsep, proses, dan hasil dari visualisasi bahasa kasih lewat teknik kriya yakni sulam, rajut, punch needle, dan pijat. Terdapat enam karya dalam rangkaian visualisasi ini dengan berbagai ukuran dan bentuk. Adapun tokoh beruang kutub bernama Popai dan tokoh penguin bernama Pengu yang hadir untuk melengkapi serta mewakilkan sosok laki-laki dan perempuan pada beberapa karya yang ada. Dalam perancangan karya, penulis memakai teori estetika dan semiotika untuk mendukung sisi keindahan dan pemaknaan dari karya seni. Adapun metode practice-based research yang dipakai dalam pembuatan karya untuk melahirkan pengetahuan baru. Pembuatan bagan proses perwujudan penulis buat dengan penyerapan ilmu metode penciptaan milik Husen ini.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Department: | KODEPRODI002005#KRIYA | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | love language, rajut, sulam, punch needle, clay. | |||||||||
Subjects: | Kriya > Kriya Tekstil | |||||||||
Divisions: | Fakultas Seni Rupa > Jurusan Kriya > Kriya Tekstil | |||||||||
Depositing User: | Sherafinna Lemuel | |||||||||
Date Deposited: | 03 Feb 2025 06:53 | |||||||||
Last Modified: | 03 Feb 2025 06:53 | |||||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/19295 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |