Rahmi Zatalina, Hanifah (2024) Pembuatan aplikasi interaktif berbasis 360° dalam pengenalan satwa endemik pada anak usia dini. Masters thesis, Institut Seni Indonesia Yogayakarta.
![]() |
Text
HANIFAH RAHMI ZATALINA_2024_FULL TEXT_WATERMARK.pdf Download (4MB) |
![]() |
Text
HANIFAH RAHMI ZATALINA_2024_BAB 1.pdf Download (273kB) |
![]() |
Text
HANIFAH RAHMI ZATALINA_2024_BAB 4.pdf Download (262kB) |
![]() |
Text
LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH UNTUK KEPENTINGAN AKADEMIS_ HANIFAH RAHMI ZATALINA_2024.pdf Download (231kB) |
Abstract
Tesis ini bertujuan untuk menciptakan aplikasi berupa media pembejaran pengenalan satwa endemik kepada anak usia dini. Hal yang melatarbelakangi penciptaan aplikasi adanya fenomena kedekatan anak usia dini dengan gawai dalam kehidupan sehari hari namun proses mengakses literasi digitalnya tidak terarah. Media pembelajaran interaktif perlu ada sebagai akses literasi digital bagi anak usia dini, serta perlu adanya respon dari anak usia dini terkait aplikasi yang sudah ada sebagai tolak ukur efektifitas karya sebagai media pembelajaran. Tinjauan teori yang digunakan dalam pembuatan karya ini terdiri dari teori terkait pembelajaran anak usia dini, media pembelajaran, video interaktif, 3D scan, dan video 360. Metode penciptaan yang digunakan disebut dengan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). ADDIE merupakan sebuah metode penciptaan yang menambatkan banyak komponen seperti perancangan, pengembangan, pelaksanaan, dan penialaian menjadi satu kesatuan. Metode penciptaan ADDIE dipilih dalam prosesnya metode ini memiliki proses pengaplikasian atau uji coba dan evaluasi. Karya dalam tesis ini terdiri dari 3D objek yang dibuat menggunakan teknik frame by frame untuk mendapatkan kualitas objek 3D yang baik. Video 360 yang dibuat memperhatikan angle pengambilan gambar berupa low angle, eye level, dan high angle. Karya yang ada disempurnakan dalam proses editing menggunakan transisi cut to cut dan blur effect guna mengkoreksi bagian gambar yang ditidak dibutuhkan. Karya yang dibuat telah diuji coba pada anak usia dini dengan kesimpulan bahwa aplikasi yang dibuat mudah dipahami dan mudah dipraktikkan. Karya yang dibuat juga berhasil mengedukasi siswa lewat serangkaian proses ekplorasi pada aplikasi.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Department: | KODEPRODI91101#PENCIPTAAN DAN PENGKAJIAN SENI | ||||||
Uncontrolled Keywords: | Anak Usia Dini, 3D Objek, Video 360 | ||||||
Subjects: | Audio Visual Penciptaan dan pengkajian seni |
||||||
Divisions: | Pascasarjana > S2 Studi Penciptaan dan pengkajian seni | ||||||
Depositing User: | Hanifah Rahmi Zatalina | ||||||
Date Deposited: | 03 Feb 2025 08:15 | ||||||
Last Modified: | 03 Feb 2025 08:15 | ||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/19303 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |