Tata kelola penyajian : Studi kasus ruang pamer wahana interaktif Museum Sonobudoyo

Oktala, Dwi (2025) Tata kelola penyajian : Studi kasus ruang pamer wahana interaktif Museum Sonobudoyo. Masters thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
Dwi Oktala_2025_FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (27MB) | Request a copy
[img] Text
Dwi Oktala_2025_BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Dwi Oktala_2025_BAB PENUTUP.pdf

Download (617kB)
[img] Text
Dwi Oktala_2025_PERNYATAAN PERSETUJUAN-PUBLIKASI.pdf

Download (2MB)
Official URL: https://lib.isi.ac.id

Abstract

Penelitian ini membahas tentang penyajian koleksi Museum Sonobudoyo pada Ruang Pamer Wahana Interaktif dengan menggunakan pendekatan tata kelola seni. Museum Sonobudoyo merupakan institusi daerah yang berfokus pada pengelolaan budaya Jawa, dengan salah satu tugas atau fungsi utamanya adalah penyajian koleksi. Penyajian yang ditawarkan tidak hanya menampilkan koleksi secara pasif, tetapi juga mempertimbangkan perkembangan media sebagai upaya mengenalkan budaya lokal. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif untuk memperoleh wawasan yang mendalam, pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan observasi. Pengelolaan Ruang Pamer Wahana Interaktif oleh Museum Sonobudoyo menggambarkan pendekatan cara baru dalam penyajian koleksi museum. Sebelumnya, koleksi disajikan dalam bentuk konvensional, namun kali ini museum sengaja tidak menghadirkan koleksi fisik dalam ruang pamer. Sebagai gantinya, pengelolaan pengetahuan dilakukan dengan menghadirkan nilai-nilai yang terkandung dalam koleksi melalui berbagai media interaktif, termasuk teknologi sensor, video mapping, animasi, proyeksi, arkade permainan, VR, mural, patung, dan aransemen tembang. Pendekatan ini memungkinkan pengunjung untuk memahami dan menikmati koleksi tanpa harus melihat bentuk fisik secara langsung, menciptakan pengalaman yang menyenangkan dan edukatif. Transformasi ini merupakan hasil perencanaan strategis yang bertujuan untuk mencapai visi dan misi museum, yang tidak hanya mengikuti perubahan kebutuhan masyarakat, tetapi juga menciptakan produk tontonan budaya yang inovatif. Museum Sonobudoyo mengadaptasi teknologi komunikasi dan digital untuk menjaga relevansi antara media yang ditawarkan dan preferensi pengunjung, sehingga dapat menciptakan pasar baru dalam penyajian koleksi museum. Keberhasilan Sonobudoyo mencerminkan kemampuan pengelola dalam melihat perubahan dan pentingnya berinovasi dalam menyajikan koleksi.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Oktala, Dwinim2220236420
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorWisetrotomo, Suwarnonidn0029046204
Department: KODEPRODI91102#TATA KELOLA SENI
Uncontrolled Keywords: tata kelola penyajian koleksi, Ruang Pamer Wahana Interaktif, Museum Sonobudoyo
Subjects: Tata kelola seni
Divisions: Pascasarjana > S2 Program Studi Tata kelola seni
Depositing User: Dwi Oktala
Date Deposited: 05 Feb 2025 02:51
Last Modified: 05 Feb 2025 02:51
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/19412

Actions (login required)

View Item View Item