Meratap Di Ruang Langkah

Astuti, Hesti (2025) Meratap Di Ruang Langkah. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
Hesti Astuti_2025_FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy
[img] Text
Hesti Astuti_2025_BAB I.pdf

Download (762kB)
[img] Text
Hesti Astuti_2025_PERNYATAAN PERSETUJUAN-PUBLIKASI.pdf

Download (73kB)
[img] Video
hesti astuti video.mp4

Download (1MB)
[img] Text
Hesti Astuti_2025_BAB PENUTUP.pdf

Download (2MB)
Official URL: https://youtu.be/QN8rxPxa9E4

Abstract

Karya “Meratap di Ruang Langkah” adalah koreografi kelompok ditarikan oleh empat penari perempuan yang mempresentasikan sebuah pengalaman empiris mengenai perasaan kesedihan disebabkan kerinduan ketika merantau. Ketika perasaan tersebut hadir penata seringkali melantunkan Sastra Lisan yang terdapat di provinsi Lampung yaitu Hahiwang. Hahiwang merupakan tempat ungkap perasaan sedih yang disebabkan adanya suatu emosi yang ditandai perasaan kehilangan, perpisahan serta kerinduan khususnya para perempuan. Lantunan tersebut dicurahkan ke dalam setiap bait Hahiwang, dalam bentuk pantun berjenis puisi. Setiap bait yang terdapat dalam Hahiwang merupakan ungkapan perasaan sedih ketika perpisahan untuk merantau, perjalanan hidup diperantauan, kerinduan kepada orang tua, keluarga dan kampung halaman serta ingatan-ingatan mengenai segala hal yang dilewati ketika merantau. Menggunakan konsep alih wahana yang dikemukakan oleh Sapardi Djoko Damono, memiliki tiga wahana berupa: sastra lisan (melalui Hahiwang yang dilantunkan), sastra tulis (lantunan yang ditulis kedalam bentuk pantun), dan tari. Sastra lisan yang telah dialihwahanakan ke dalam sastra tulis kemudian dialihwahanakan dalam bentuk visual berupa tari dan didukung elemen-elemen lain berupa musik, rias busana, properti dan pemanggungan. Pemilihan penari ditentukan berdasarkan struktur penulisan Hahiwang, Air dan tanah menjadi bekal dari ibu penata saat merantau sebagai tradisi di lingkup masyarakat Lampung, agar nyaman ketika tinggal di perantauan. Dalam prosesnya menggunakan metode Creating Through Dance, dikemukakan oleh Alma M. Hawkins melalui tiga tahapan yaitu eksplorasi, improvisasi dan komposisi. Secara visual karya ini dipentaskan di proscenium stage menggunakan tipe segmented tersusun atas 4 segmen yang didapat dari empat bait yang terdapat dalam hahiwang yang telah ditulis.karya ini menggunakan musik MIDI dan Live Instrumen berdurasi 17 menit menggunakan properti koper, air dan tanah serta kain putih.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Astuti, Hestinim2011905011
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorSubowo, Y.nidn001016026
ContributorPrakasiwi, Galihnidn0003059209
Department: KODEPRODI91231#TARI
Uncontrolled Keywords: Hahiwang, Merantau, Kesedihan, Kerinduan
Subjects: Tari > Penciptaan Tari
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Tari > Seni Tari (Penciptaan)
Depositing User: Hesti Astuti
Date Deposited: 26 Feb 2025 04:45
Last Modified: 26 Feb 2025 04:45
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/19598

Actions (login required)

View Item View Item