Agustina Damayanti, Vita (2024) Andhe. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
![]() |
Text
Vita Agustina Damayanti_2024_PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (260kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Vita Agustina Damayanti_2024_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (697kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Vita Agustina Damayanti_2024_NASKAH PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (578kB) | Request a copy |
![]() |
Image
Vita Agustina Damayanti_2024_PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.jpg Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Video
watch_si=XExxuM1zakxLmGQU&v=7lAb9Fb3MPk&feature=youtu.be Restricted to Repository staff only Download (897kB) | Request a copy |
![]() |
Text
VITA AGUSTINA DAMAYANTI_2024_BAB I.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
Vita Agustina Damayanti_2024_FULL TEKS-.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Andhe merupakan karya tari yang bersumber dari kisah perjalanan asmara Retna Cindhaga dengan Raden Panji Asmarabangun yang merupakan salah satu lakon pada Babad Panji. Ketika seorang perempuan tidak lagi menjadi inferior akan tetapi sudah bersikap superior. Ambisinya untuk mencapai tujuan, perempuan menyingkirkan semua penghalang, perjuangan perempuan terlihat emosional dan terdapat ambivalensi, disatu sisi perempuan ditempatan sebagai pekerja keras namun tidak memikirkan efek samping dari perbuatannya. Karya tari ini berpijak pada Tari Topeng Klasik Gaya Yogyakarta seperti Ogek Lambung, Dolanan Sampur, dan Pacak Gulu Topeng yang telah dikembangkan sesuai kebutuhan dan daya kreatif penata tari. Menggunakan metode penciptaan Eksplorasi, Improvisasi, Komposisi, dan Evaluasi. Karya tari ini dengan pola koreografi kelompok dengan tipe dramatic dengan konsep Bedhayan, tanpa adanya keluar masuk penari. Tema yang digunakan adalah percintaan dengan bentuk cara ungkap dibagi menjadi introduksi penggambaran adegan inti perubahan Retna Cindhaga menjadi Dewi Sekartaji, bagian 1 penggambaran dari perjalanan Retna Cindhaga yang bersifat emosional, gigih dan ambisius dalam menyesatkan Dewi Sekartaji, bagian 2 sebagai penggambaran gandrung Retna Cindhaga terhadap Raden Panji Asmarabangun. Bagian 3 adalah penggambaran Retna Cindhaga yang berhasil memasuki kerajaan untuk menikah menggantikan Dewi Sekartaji, bagian 4 sebagai penggambaran Retna Cindhaga ketahuan dan terjadilah pertempuran oleh Retna Cindhaga dengan Dewi Sekartaji, dan ending Retna Cindhaga mengalami kekalahan, namun sifat emosional dan ambisiusnya tidak membuat Retna Cindhaga menyerah untuk mendapatkan cinta dari Raden Panji Asmarabangun.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Department: | KODEPRODI91231#TARI | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Koreografi Kelompok, Bedhayan, Andhe | |||||||||
Subjects: | Tari > Penciptaan Tari | |||||||||
Divisions: | Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Tari > Seni Tari (Penciptaan) | |||||||||
Depositing User: | Vita Agustina Damayanti | |||||||||
Date Deposited: | 24 Feb 2025 02:23 | |||||||||
Last Modified: | 24 Feb 2025 02:23 | |||||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/19600 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |