Proses Kreatif Penciptaan " Tari Aku Ingin Menjadi Kupu-Kupu " Karya Anak-Anak Tunarungu Di Deaf Art Community Yogyakarta

Selfiana Saenal, 1220666412 (2014) Proses Kreatif Penciptaan " Tari Aku Ingin Menjadi Kupu-Kupu " Karya Anak-Anak Tunarungu Di Deaf Art Community Yogyakarta. Masters thesis, Penciptaan Dan Pengkajian ISI Yogyakarta.

[img] Text
BAB I Saenal.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB II Saenal.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (808kB)
[img] Text
BAB III Saenal.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (515kB)
[img] Text
BAB IV Saenal.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
BAB V Saenal.pdf

Download (637kB)
[img] Text
Lampiran Saenal.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui motivasi anak-anak tunarungu dalam menciptakan dan mementaskan tari “Aku Ingin Menjadi Kupu-Kupu”, serta mengetahui lebih dalam proses kreatif anak-anak tunarungu dalam menciptakan tari. Proses Kreatif anak-anak tunarungu dalam menciptakan tari “Aku Ingin Menjadi Kupu-Kupu” dianalisis menggunakan empat aspek yaitu aspek pribadi, pendorong, proses, dan produk melalui pendekatan budaya etik dan emik. Selanjutnya dianalisis menggunakan 3N menurut Ki Hajar Dewantara yang terdiri dari Niteni, Nirokke, dan Nambahi. Kesimpulan penelitian menemukan, motivasi anak-anak tunarungu dalam berkarya adalah sebagai bentuk pembuktian bahwa anak-anak tunarungu dapat berkarya seperti anak-anak normal lainnya. Proses kreatif anak-anak tunarungu tidak jauh berbeda dengan dengan manusia normal pada umumnya. Keterbatasan pada pendengarannya, menjadikan indra penglihatan sebagai alat untuk mengembangkan kreatifitasnya

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Tari > Pengkajian Tari
Divisions: Pascasarjana > S2 Studi Penciptaan dan pengkajian seni
Depositing User: IH Nurcahyadi Nurcahyadi
Date Deposited: 03 Nov 2014 06:41
Last Modified: 03 Nov 2014 06:41
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/197

Actions (login required)

View Item View Item