Saepudin, Asep (2025) Pendekatan Inovatif Terapi Autis melalui Interaksi Musikal Karawitan Jawa. Pendekatan Inovatif Terapi Autis melalui Interaksi Musikal Karawitan Jawa, 9 (3). pp. 846-866. ISSN 2356-1327
![]() |
Text
2025 Terapi Gamelan Autis.pdf Download (1MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk membuktikan hasil perancangan model inovasi terapi dalam mengurangi ganguan anak autis dengan menggunakan gamelan jawa. Metode penelitian dan pengembangan digunakan dalam penelitian ini. Adapun teknik pelaksanaanya melalui penyusunan draf model, uji konseptual, serta penerapan model di dalam praktik terapi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model terapi ini merupakan model terapis yang menggunakan seperangkat gamelan Jawa autis kepada peserta terapi usia antara delapan tahun hingga 15 tahun. Gamelan terdiri atas delapan instrumen, ukurannya diperkecil, berbentuk mainan, dan berwarna mencolok agar peserta terapi tertarik, dapat memainkan secara mudah dan nyaman. Gending gangsaran dan lancaran dikemas dalam rangkaian pembelajaran mulai dari membuat peserta terapi nyaman bermain gamelan, belajar pola tabuhan gending, belajar melodi, belajar dinamika gending dan belajar memulai dan mengakhiri gending. Pendekatan terapi berbasis gamelan Jawa merupakan inovasi yang jarang dieksplorasi dalam terapi anak autis, khususnya di Indonesia. Melalui pendekatan ini, dihasilkan perubahan perilaku anak autis pasca terapi, antara lain: meningkatnya konsentrasi belajar anak, anak mudah berinterkasi, tumbuh motivasi dan minat belajar anak, serta dapat menghilangkan tantrum.
Item Type: | Article | ||||
---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||
Uncontrolled Keywords: | Terapi Anak Autis, Gamelan Jawa, Model Inovasi Terapi | ||||
Subjects: | Karawitan | ||||
Divisions: | Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Karawitan | ||||
Depositing User: | Asep Saepudin | ||||
Date Deposited: | 02 Jun 2025 02:49 | ||||
Last Modified: | 02 Jun 2025 02:49 | ||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/19719 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |