Norhaliza, Siti (2025) Penerapan Komunikasi Instrumental dalam Penceritaan Film Animasi 2D "Sparks of Safety" untuk Edukasi Penggunaan Listrik yang Aman. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
![]() |
Text
Siti Norhaliza_2025_FULL TEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) | Request a copy |
![]() |
Text
Siti Norhaliza_2025_BAB 1.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
Siti Norhaliza_2025_BAB PENUTUP.pdf Download (10MB) |
![]() |
Text
Siti Norhaliza_2025_LAMPIRAN 1.pdf Restricted to Repository staff only Download (399kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Siti Norhaliza _2025_PERNYATAAN PERSETUJUAN - PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (433kB) | Request a copy |
Abstract
Meningkatnya jumlah kecelakaan listrik, terutama pada anak-anak, menyoroti perlunya intervensi pendidikan yang efektif untuk mempromosikan penggunaan listrik yang aman. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan film animasi 2D berjudul Sparks of Safety, yang dirancang untuk mendidik anak-anak usia 6–8 tahun tentang keselamatan listrik melalui penerapan komunikasi instrumental. Komunikasi instrumental, yang ditandai dengan sifatnya yang persuasif dan informatif, digunakan untuk menyampaikan pesan-pesan keselamatan penting dengan memengaruhi perilaku dan sikap. Animasi ini menampilkan skenario yang sering dialami oleh anak-anak, seperti bermain dengan perangkat elektronik saat diisi daya, menggunakan tangan basah untuk menyentuh stop kontak, dan berlindung di dekat tiang listrik bertegangan tinggi saat hujan. Melalui situasi-situasi realistis ini, film ini menunjukkan risiko penggunaan listrik yang tidak aman dan mendorong perilaku yang lebih aman. Proses kreatif mengikuti tahapan kreativitas Graham Wallas: persiapan, inkubasi, iluminasi, dan verifikasi. Penelitian yang ekstensif dilakukan untuk mengumpulkan data tentang praktik keselamatan listrik dan memahami strategi komunikasi yang paling efektif untuk audiens muda. Animasi ini memanfaatkan visual yang jelas, karakter yang mudah diidentifikasi, dan menerapkan struktur penceritaan 3 babak dalam pembuatan narasi cerita yang sederhana untuk menampah dramatisasi dalam cerita animasi sambil menyampaikan pesan edukatif. Hasil dari penelitian ini adalah menghasilkan film animasi pendek yang edukatif dapat mendidik anak-anak tentang bahaya listrik sekaligus mendorong kebiasaan yang lebih aman. Dengan mengintegrasikan elemen hiburan dan edukasi, film ini mampu meningkatkan kesadaran, mengurangi perilaku berisiko, dan pada akhirnya berkontribusi pada pencegahan kecelakaan listrik di kalangan anak-anak.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Department: | KODEPRODI90345#ANIMASI | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Komunikasi Instrumental, Penceritaan, Animasi, Edukasi | |||||||||
Subjects: | Televisi > Animasi | |||||||||
Divisions: | Fakultas Seni Media Rekam > Jurusan Televisi > Program Studi D3/D4 Animasi | |||||||||
Depositing User: | Siti Norhaliza | |||||||||
Date Deposited: | 23 Jun 2025 03:19 | |||||||||
Last Modified: | 23 Jun 2025 03:19 | |||||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/19970 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |