"Devine Decree" Transformasi Pola Ritme Kendang Jawa Menjadi Riff Musik Metalcore

Hasan, Mahfudh Nur (2025) "Devine Decree" Transformasi Pola Ritme Kendang Jawa Menjadi Riff Musik Metalcore. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia.

[img] Text
MAHFUDH NUR HASAN_2025_BAB I.pdf

Download (541kB)
[img] Text
MAHFUDH NUR HASAN_2025_BAB V PENUTUP.pdf

Download (105kB)
[img] Text
MAHFUDH NUR HASAN_2025_PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf

Download (160kB)
[img] Audio
MAHFUDH NUR HASAN_2025_LAMPIRAN 1.mp3
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
MAHFUDH NUR HASAN_2025_FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
MAHFUDH NUR HASAN_2025_LAMPIRAN 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (640kB) | Request a copy
[img]
Preview
Video
maxresdefault.jpg

Download (209kB) | Preview
[img] Video
sh: 1: /usr/bin/youtube-dl: not found

Download (0B)
Official URL: https://www.youtube.com/watch?v=uPwB3fDd9Xk

Abstract

Penelitian ini berjudul “Devine Decree: Transformasi Pola Ritme Kendang Jawa Menjadi Riff musik Metalcore”. Transformasi ritmis Kendang ke dalam musik Metal tidak sekedar proses penyesuaian teknis dan atau musikal, tetapi juga proses negosiasi budaya. Pola ritmis kendang memiliki karakteristik yg dekat dengan riff metal atau mirip dengan riff musik Metal. Pola aksen yg mirip dengan metal, warna suara, menjadi bahan untuk riff musik Metal. Tema syair diambil dari makna surat Al-Qori’ah yang dikembangkan menjadi lirik. Secara makna tentang tragedi sehingga itu dipandang sejalan dengan karakter bunyi musik metal. Metode penelitian yang digunakan adalah observasi untuk mendapatkan informasi tentang pola ritmis kendang Jawa yang akan digunakan. Melalui observasi tersebut, terjadi proses kreatif yang dilakukan dengan menerapkan pola ritmis kendang Jawa ke dalam musik metalcore. Tujuan penelitian ini adalah Mengetahui proses cara konsep transformasi diterapkan dalam pengolahan ritmis Kendang Jawa ke dalam komposisi musik Metal. Konsep pembuatan riff Metal ini mengadopsi pola ritmis dari pukulan Kendang Jawa, di mana elemen bunyi “duk” diinterpretasikan sebagai nada-nada rendah atau register rendah, sedangkan bunyi “tak” diterjemahkan sebagai nada�nada tinggi atau register atas. Dalam proses transformasi ritmis kendang Jawa menjadi riff Metal mengalami penyesuaian berupa pengurangan dan penambahan pada ritmisnya. Menggunakan kesan gelap terang pada progresi akor antara mayor minor dan augmented diminised. Banyak menggunakan disonan untuk memunculkan kesan gelap. Bagian-bagian ini dibuat sesuai dengan pembagian ayat pada makna surat Al-Qori’ah yang sekaligus dijadikan sumber pengembangan untuk pembuatan lirik. Dengan adanya karya komposisi ini, diharapkan bisa menjadi salah satu contoh bahwa musik tradisional dan musik modern dapat digabungkan dengan menggunakan konsep transformasi. Penggunaan pola ritmis kendang Jawa dalam musik metalcore tetap mengalami penyesuaian dengan musik metalcore agar masing-masing unsur tidak kehilangan cirikhasnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Hasan, Mahfudh Nurnim21102360133
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorSusanto, Hadinidn0003116108
ContributorSuprayitno, Jokonidn0010116510
Department: KODEPRODI91222#PENCIPTAANMUSIK
Uncontrolled Keywords: pola ritmis kendang Jawa, makna surat Al-Qori’ah, transformasi, metalcore.
Subjects: Musik > Komposisi Musik
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Musik
Depositing User: Mahfudh Nur Hasan
Date Deposited: 24 Jun 2025 01:40
Last Modified: 24 Jun 2025 01:40
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/20187

Actions (login required)

View Item View Item