Implementasi Peer Teaching Sebagai Strategi Penguatan Nilai Inklusif Di Komunitas Biola Tangerang

Luthfiani Khalisa, Tiara (2025) Implementasi Peer Teaching Sebagai Strategi Penguatan Nilai Inklusif Di Komunitas Biola Tangerang. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
TIARA KHALISA LUTHFIAN_2025_FULL TEKS_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
TIARA KHALISA LUTHFIAN_2025_BAB I_.pdf

Download (323kB)
[img] Text
TIARA KHALISA LUTHFIAN_2025_BAB PENUTUP.pdf

Download (164kB)
[img] Text
TIARA KHALISA LUTHFIAN_2025_LAMPIRAN_.pdf

Download (774kB)
[img] Text
PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf

Download (254kB)
Official URL: https://lib.isi.ac.id

Abstract

Pembelajaran musik dalam konteks nonformal menawarkan fleksibilitas yang memungkinkan partisipasi aktif serta hubungan sosial yang setara antar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi strategi peer teaching secara terstruktur, serta menganalisis kontribusinya terhadap penguatan nilai-nilai inklusif dalam pembelajaran di Komunitas Biola Tangerang (KBT). Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus dan data dikumpulkan melalui observasi partisipatif, wawancara, dan studi dokumen. Strategi peer teaching diimplementasikan berfokus pada dua model utama, yaitu same age peer tutoring dan reciprocal peer tutoring. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi strategi peer teaching yang diterapkan mampu memperkuat enam nilai inklusif, yaitu toleransi, empati, kesetaraan, kerja sama, partisipasi aktif, dan pemberdayaan individu. Nilai-nilai tersebut muncul secara bertahap seiring dinamika pembelajaran yang berkembang dari waktu ke waktu. Temuan ini menegaskan bahwa peer teaching bukan hanya strategi pedagogis, tetapi juga sarana efektif untuk memperkuat nilai-nilai inklusif dalam lingkungan belajar berbasis komunitas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Luthfiani Khalisa, Tiaranim21103010132
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorSurtihadi, Surtihadi0005077006
ContributorArtanto, Mei0011059003
Department: KODEPRODI187121#PENDIDIKANMUSIK
Uncontrolled Keywords: peer teaching, tutor sebaya, nilai inklusif, pembelajaran nonformal, komunitas musik
Subjects: Musik > Pengkajian seni musik (musikologi dan pendidikan musik)
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Musik
Depositing User: Tiara Khalisa Luthfiani
Date Deposited: 24 Jun 2025 01:56
Last Modified: 25 Jun 2025 05:57
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/20206

Actions (login required)

View Item View Item