Keane Kembaren, Iqbal (2025) Visualisasi Kontemplasi Tokoh Utama Menggunakan Staging Character Pada Penyutradaraan Film Fiksi “Tardiness”. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
![]() |
Text
IQBAL KEANE KEMBAREN_2025_FULL TEKS .pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
IQBAL KEANE KEMBAREN_2025_BAB I.pdf Download (1MB) |
|
![]() |
Text
IQBAL KEANE KEMBAREN_2025_BAB PENUTUP.pdf Download (258kB) |
|
![]() |
Text
IQBAL KEANE KEMBAREN_2025_JURNAL.pdf Download (453kB) |
|
![]() |
Text
IQBAL KEANE KEMBAREN_2025_PERNYATAAN PERSETUJUAN-PUBLIKASI..pdf Download (257kB) |
|
![]()
|
Video
maxresdefault.jpg Download (122kB) | Preview |
|
![]() |
Video
sh: 1: /usr/bin/youtube-dl: not found Download (0B) |
Abstract
Film fiksi merupakan karya seni visual yang merepresentasikan gagasan, emosi, dan refleksi pembuatnya melalui rangkaian gambar bergerak yang membentuk narasi atau menyampaikan pesan tertentu. Penyutradaraan film fiksi Tardiness bertujuan untuk menyoroti kehidupan seorang anak SMA di masa pandemi, masa yang dipenuhi kebimbangan, kesepian, dan ketidakpastian akan masa depan. Melalui pendekatan visual yang kontemplatif, film ini merekam proses pencarian makna dari pengalaman remaja yang terhenti di tengah perubahan besar yang tak terduga. Di dalam staging character, penekanan utama adalah pada pengaturan kamera dan adegan untuk membawa penonton pada satu persepsi atau makna yang ingin disampaikan. Pendekatan ini memanfaatkan elemen visual untuk membentuk relasi antar karakter, mengarahkan perhatian penonton, serta merefleksikan proses kontemplasi tokoh melalui tata letak ruang, gestur tubuh, dan pergerakan di dalam frame. Hasilnya teknik staging character dalam film Tardiness efektif digunakan sebagai metode visual untuk mengeksternalisasi kontemplasi tokoh utama, dengan mengandalkan pengambilan gambar dan pengadeganan yang tertata dengan baik. Melalui pengaturan ruang, gestur, dan durasi, teknik ini membuka ruang bagi penonton untuk turut mengalami proses perenungan yang dialami karakter. Meski demikian, penerapan staging character menuntut kepekaan artistik dan kecekatan dalam memilih ruang serta mengelola tempo, agar kedalaman kontemplatif dapat tersampaikan secara utuh dan tidak kehilangan intensitas makna.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Department: | KODEPRODI91261#TELEVISI DAN FILM | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Film Fiksi, Penyutradaraan, staging character, kontemplasi | |||||||||
Subjects: | Audio Visual Televisi > Televisi |
|||||||||
Divisions: | Fakultas Seni Media Rekam > Jurusan Televisi > Program Studi S1 Televisi | |||||||||
Depositing User: | IQBAL KEANE KEMBAREN | |||||||||
Date Deposited: | 24 Jun 2025 03:12 | |||||||||
Last Modified: | 25 Jun 2025 06:09 | |||||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/20291 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |