JabFina, JabFina (2025) “PHASE” Musik Game Survival Horror Mind's Eyes: Penerapan Tekstur Musik Berlapis dengan Instrumen Virtual untuk Menciptakan Suasana Mencekam. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
![]() |
Text
JabFina_2025_FULL TEKS.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text
JabFina_2025_BAB I.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
JabFina_2025_BAB PENUTUP.pdf Download (825kB) |
![]() |
Text
JabFina_2025_LAMPIRAN 1.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
![]() |
Video
maxresdefault.jpg?sqp=-oaymwEmCIAKENAF8quKqQMa8AEB-AH-CYAC0AWKAgwIABABGHIgXSg6MA8=&rs=AOn4CLCMfPRRBtJ1KQDscnEhcVshOqwJgw Download (31kB) |
![]() |
Text
JabFina_2025_PERNYATAAN PERSETUJUAN-PUBLIKASI.pdf Download (536kB) |
![]() |
Video
sh: 1: /usr/bin/youtube-dl: not found Download (0B) |
Abstract
Musik game survival horror non-linear memerlukan elemen yang mampu menciptakan suasana mencekam, disertai dengan proses pengimplementasian yang kompleks seperti vertical layering. Penelitian ini menemukan celah pada game Mind’s Eyes, yaitu tidak ditemukannya elemen musikal yang dapat mendukung pembentukan suasana mencekam dan penerapan teknik implementasi vertical layering. Fenomena ini diduga disebabkan oleh penggunaan musik bebas hak cipta oleh pengembang yang mengakibatkan ketidaksesuaian musik dengan konteks game. Penulis menawarkan formula tekstur musik berlapis sebagai pendekatan yang mengisi celah pada game survival horror Mind’s Eyes sehingga tercipta suasana mencekam. Metode eksperimental diterapkan pada penelitian ini untuk menerapkan parameter musik suasana mencekam serta proses pengimplementasian vertical layering pada formula tekstur musik berlapis dalam karya “Phase”. Penulis mengacu pada data pustaka dan data karya yang objektif dalam proses penciptaan suasana mencekam melalui tekstur musik berlapis. Penulis kemudian melakukan penyesuaian musik game dengan visual. Seluruh penyusunan lapisan tekstur musik dilakukan melalui DAW dan diterapkan pada instrumen virtual. Penelitian ini melakukan analisis karya berdasarkan jenis tekstur umum dan kontemporer yang dibangun dasar-dasar pembangunan tekstur musik serta parameter musik suasana mencekam. Tekstur musik yang telah dibangun berdasarkan prinsip tersebut kemudian disusun secara berlapis dan vertikal melalui teknik implementasi vertical layering, mengacu pada karakteristik musik game yang interaktif. Lapisan tekstur musik disesuaikan dengan zona trigger yang merepresentasikan game state (low, mid, mid high, high) berdasarkan intensitas suasana mencekam. Proses penciptaan ini menunjukkan bahwa penyusunan tekstur musik berlapis efektif dalam membangun suasana mencekam pada game survival horror Mind’s Eyes.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Department: | KODEPRODI91222#PENCIPTAANMUSIK | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Musik game survival horror, suasana mencekam, tekstur musik berlapis, vertical layering, Mind’s Eyes | |||||||||
Subjects: | Musik > Komposisi Musik Penciptaan dan pengkajian seni |
|||||||||
Divisions: | Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Musik | |||||||||
Depositing User: | JabFina JabFina | |||||||||
Date Deposited: | 24 Jun 2025 07:07 | |||||||||
Last Modified: | 25 Jun 2025 01:51 | |||||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/20328 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |