Perancangan Educative Board Game Sebagai Media Pembelajaran Wisata Candi di Yogyakarta

Dwi Romadhon, Danang (2025) Perancangan Educative Board Game Sebagai Media Pembelajaran Wisata Candi di Yogyakarta. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
Danang Dwi Romadhon_2025_FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
Danang Dwi Romadhon_2025_BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Danang Dwi Romadhon_2025_BAB V.pdf

Download (460kB)
[img] Text
Danang Dwi Romadhon_2025_PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (216kB) | Request a copy
Official URL: https://lib.isi.ac.id

Abstract

Yogyakarta menempati peringkat pertama sebagai Kota Pilihan Masyarakat Indonesia untuk Berwisata. Namun, rendahnya pengetahuan masyarakat terhadap objek wisata yang ada di Yogyakarta masih sering dihadapi. Salah satu objek wisata yang paling banyak diminati oleh masyarakat adalah objek wisata budaya. Di Yogyakarta sendiri objek wisata budaya yang banyak terbangun di kota ini adalah objek wisata Candi. Objek candi sendiri tidak terlepas akan kisah sejarah di dalamnya. Di sisi lain, pada proses pembelajaran sejarah di sekolah memiliki permasalahan yakni kurangnya media pendukung pembelajaran dan juga rendahnya minat siswa terhadap sejarah dengan alasan menjenuhkan dan susah dipahami. Selain aspek edukasi wisata, perancangan ini juga mengusung konsep ramah lingkungan dengan menggunakan material yang berasal dari limbah lokal, yakni limbah kayu. Tujuan dari perancangan ini adalah menciptakan media pembelajaran yang menarik, edukatif, dan ramah lingkungan untuk meningkatkan minat serta pemahaman anak-anak terhadap warisan budaya lokal, khususnya candi-candi di Yogyakarta. Proses perancangan dilakukan dengan pendekatan design thinking, yang berfokus pada pemahaman mendalam terhadap kebutuhan pengguna. Solusi yang dihasilkan adalah board game edukatif bertema candi di Yogyakarta yang tidak hanya menyampaikan informasi sejarah secara interaktif, tetapi juga mengusung prinsip keberlanjutan dengan menggunakan limbah kayu lokal sebagai material utama. Kesimpulan dari perancangan ini menunjukkan bahwa board game edukatif berbahan limbah kayu dapat menjadi media alternatif yang efektif dalam mengenalkan sejarah candi kepada anak-anak, sekaligus mendorong kesadaran akan pentingnya pelestarian budaya dan lingkungan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Dwi Romadhon, Danangnim2110205027
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorSuryo Banindro, Baskoronidn0022056503
ContributorSeptian, Nandangnidn0026099605
ContributorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Department: KODEPRODI90231#DESAIN PRODUK
Uncontrolled Keywords: Papan permainan, edukatif, Candi Yogyakarta, Limbah Kayu, berkelanjutan
Subjects: Desain produk
Divisions: Fakultas Seni Rupa > Jurusan Disain > Program Studi Desain Produk
Depositing User: Danang Dwi Romadhon
Date Deposited: 24 Jun 2025 14:08
Last Modified: 24 Jun 2025 14:08
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/20345

Actions (login required)

View Item View Item