Loren Stevent, Michel (2025) Gaya Kepemimpinan Konduktor Paduan Suara Studi Kasus: Paduan Suara Anak di Surabaya. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia.
![]() |
Text
MICHEL STEVENT LOREN _2025_ FULL TEKS.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
![]() |
Text
MICHEL STEVENT LOREN _2025_ BAB I.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
MICHEL STEVENT LOREN _2025_ BAB PENUTUP.pdf Download (266kB) |
![]() |
Text
MICHEL STEVENT LOREN _2025_ LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
MICHEL STEVENT LOREN_2025_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf Download (222kB) |
Abstract
Paduan suara anak tidak hanya menjadi ruang ekspresi musikal, tetapi juga sarana pembentukan karakter, disiplin, dan kerja sama. Dalam konteks ini, peran konduktor sebagai pemimpin sangat penting. Keberhasilan paduan suara anak di kompetisi internasional menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan konduktor memiliki pengaruh signifikan terhadap efektivitas pelatihan dan prestasi tim. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji gaya kepemimpinan konduktor dalam pelatihan paduan suara anak, serta respon penyanyi terhadap gaya kepemimpinan tersebut. Studi ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus pada tiga paduan suara anak di Surabaya: Mudipat Children Choir, Voice of Puja, dan Al Azhar Thirty Five Choir. Data diperoleh melalui wawancara yang mendalam terhadap ketiga konduktor dan perwakilan anggota paduan suara. Hasil penelitian menunjukan gaya kepemimpinan tidak selalu terbentuk dari kesadaran eksplisit mengenai model gaya kepemimpinan tertentu. Sebaliknya, gaya tersebut muncul dan terbentuk secara alami melalui keterampilan teknis dan soft skill seperti peran psikologis, peran manajamen, gaya komunikasi, kemampuan adaptasi dan refleksi. Gaya kepemimpinan yang diterapkan meliputi afiliatif, demokratis, otoriter, visioner, semi-otoriter, dan coaching style. Respon penyanyi menunjukkan bahwa kepemimpinan yang adaptif dan komunikatif berdampak positif terhadap motivasi, disiplin, serta pencapaian prestasi dalam kompetisi internasional. Temuan ini menegaskan pentingnya pendekatan kepemimpinan yang berhubungan dalam pendidikan musik, khususnya dalam pembinaan paduan suara anak.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Department: | KODEPRODI#187121 | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | gaya kepemimpinan; konduktor; paduan suara anak. | |||||||||
Subjects: | Musik > Pengkajian seni musik (musikologi dan pendidikan musik) | |||||||||
Divisions: | Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Musik | |||||||||
Depositing User: | Michel Stevent Loren | |||||||||
Date Deposited: | 24 Jun 2025 07:57 | |||||||||
Last Modified: | 24 Jun 2025 07:59 | |||||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/20486 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |