Sekar Kirani, Dayinta (2025) Transformasi Batik Grobogan ke dalam Tari Batik Grobogan. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
![]() |
Text
DAYINTA SEKAR_2025_FULL TEKS.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAYINTA SEKAR_2025_BAB 1.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
DAYINTA SEKAR_2025_ BAB PENUTUP.pdf Download (336kB) |
![]() |
Text
DAYINTA SEKAR_2025_PERNYATAAN PERSETUJUAN-PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini membahas tentang transformasi Batik Grobogan ke dalam bentuk seni pertunjukan tari, yang diwujudkan melalui Tari Batik Grobogan Massal karya Mulyani dan Tari Batik Grobogan karya Warsito. Keduanya merupakan karya seni tari yang terinspirasi oleh Batik Grobogan sebagai warisan budaya daerah. Batik Grobogan yang semula dikenal sebagai karya seni tekstil, diangkat menjadi sumber ide dalam proses penciptaan tari tersebut. Transformasi tersebut menunjukkan adanya proses perubahan dari bentuk visual ke dalam bentuk gerak tari. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis unsur-unsur batik yang bertransformasi ke dalam elemen-elemen Tari Batik Grobogan. Dari sudut pandang penelitian, proses perubahan ini dianalisis menggunakan teori intertekstualitas dari Julia Kristeva. Dalam menganalisis permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan teori intertekstualitas Julia Kristeva, yang menjelaskan bahwa setiap karya seni tidak berdiri sendiri, melainkan dipengaruhi oleh karya atau teks lain yang telah ada sebelumnya. Dalam konteks ini, Batik Grobogan berperan sebagai hipogram atau teks sumber yang menjadi inspirasi utama dalam penciptaan karya tari. Teks visual batik tersebut kemudian ditransformasikan ke dalam berbagai elemen seni pertunjukan, seperti gerak tari, penari, kostum, properti, pola lantai, dan iringan musik. Transformasi ini dianalisis melalui unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik, yang menunjukkan bagaimana elemen motif, warna, tekstur, serta nilai-nilai sosial, ekonomi, dan estetika dari Batik Grobogan diolah menjadi bagian dari bentuk dalam Tari Batik Grobogan Massal dan karya Warsito. Hasil transformasi yang ditemukan dalam penelitian ini yakni intertekstual dengan jenis transformasi bersifat mengubah (adaptasi), mengembangkan / memperbarui (inovasi), dan mempertahankan (afirmasi) yang menjadi hipogramnya. Tari Batik Grobogan Masal merepresentasikan transformasi adaptasi dan afirmasi melalui elemen batik ke dalam bentuk tari massal dengan tetap mempertahankan nilai- nilainya. Sementara karya Warsito, menunjukkan transformasi inovasi pada aspek penari, gerak, kostum, properti, pola lantai, namun tetap mempertahankan iringannya sebagai bentuk afirmasi terhadap karya sebelumnya.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Department: | KODEPRODI91231#TARI | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Transformasi, Batik Grobogan, Tari Batik Grobogan | |||||||||
Subjects: | Tari > Pengkajian Tari | |||||||||
Divisions: | Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Tari > Seni Tari (Pengkajian) | |||||||||
Depositing User: | Dayinta Sekar Kirani | |||||||||
Date Deposited: | 24 Jun 2025 07:55 | |||||||||
Last Modified: | 24 Jun 2025 07:55 | |||||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/20535 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |