Transformasi Batik Grobogan ke dalam Tari Batik Grobogan

Sekar Kirani, Dayinta (2025) Transformasi Batik Grobogan ke dalam Tari Batik Grobogan. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
DAYINTA SEKAR_2025_FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text
DAYINTA SEKAR_2025_BAB 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAYINTA SEKAR_2025_ BAB PENUTUP.pdf

Download (336kB)
[img] Text
DAYINTA SEKAR_2025_PERNYATAAN PERSETUJUAN-PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
Official URL: https://lib.isi.ac.id/

Abstract

Penelitian ini membahas tentang transformasi Batik Grobogan ke dalam bentuk seni pertunjukan tari, yang diwujudkan melalui Tari Batik Grobogan Massal karya Mulyani dan Tari Batik Grobogan karya Warsito. Keduanya merupakan karya seni tari yang terinspirasi oleh Batik Grobogan sebagai warisan budaya daerah. Batik Grobogan yang semula dikenal sebagai karya seni tekstil, diangkat menjadi sumber ide dalam proses penciptaan tari tersebut. Transformasi tersebut menunjukkan adanya proses perubahan dari bentuk visual ke dalam bentuk gerak tari. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis unsur-unsur batik yang bertransformasi ke dalam elemen-elemen Tari Batik Grobogan. Dari sudut pandang penelitian, proses perubahan ini dianalisis menggunakan teori intertekstualitas dari Julia Kristeva. Dalam menganalisis permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan teori intertekstualitas Julia Kristeva, yang menjelaskan bahwa setiap karya seni tidak berdiri sendiri, melainkan dipengaruhi oleh karya atau teks lain yang telah ada sebelumnya. Dalam konteks ini, Batik Grobogan berperan sebagai hipogram atau teks sumber yang menjadi inspirasi utama dalam penciptaan karya tari. Teks visual batik tersebut kemudian ditransformasikan ke dalam berbagai elemen seni pertunjukan, seperti gerak tari, penari, kostum, properti, pola lantai, dan iringan musik. Transformasi ini dianalisis melalui unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik, yang menunjukkan bagaimana elemen motif, warna, tekstur, serta nilai-nilai sosial, ekonomi, dan estetika dari Batik Grobogan diolah menjadi bagian dari bentuk dalam Tari Batik Grobogan Massal dan karya Warsito. Hasil transformasi yang ditemukan dalam penelitian ini yakni intertekstual dengan jenis transformasi bersifat mengubah (adaptasi), mengembangkan / memperbarui (inovasi), dan mempertahankan (afirmasi) yang menjadi hipogramnya. Tari Batik Grobogan Masal merepresentasikan transformasi adaptasi dan afirmasi melalui elemen batik ke dalam bentuk tari massal dengan tetap mempertahankan nilai- nilainya. Sementara karya Warsito, menunjukkan transformasi inovasi pada aspek penari, gerak, kostum, properti, pola lantai, namun tetap mempertahankan iringannya sebagai bentuk afirmasi terhadap karya sebelumnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Sekar Kirani, Dayintanim2111972011
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorSupriyanti, Supriyantinidn0009016207
ContributorWinahyuningsih, M. Heninidn00220363404
Department: KODEPRODI91231#TARI
Uncontrolled Keywords: Transformasi, Batik Grobogan, Tari Batik Grobogan
Subjects: Tari > Pengkajian Tari
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Tari > Seni Tari (Pengkajian)
Depositing User: Dayinta Sekar Kirani
Date Deposited: 24 Jun 2025 07:55
Last Modified: 24 Jun 2025 07:55
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/20535

Actions (login required)

View Item View Item